Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Eksekusi Penahanan Randy dan Roland Belum Dilaksanakan, Ini Penjelasan Jaksa

0 107

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Sudah sekitar satu bulan lebih putusan terpidana dijatuhkan oleh Pengadilan Negeri Kota Tangerang kepada Randy Parsaoran Panggabean (51), dan Roland P. Panggabean (40). Keduanya hingga kini belum dilakukan eksekusi penahanan.

“Kalau ada bunyi perintah untuk melakukan penahanan, langsung kita ekskusi,” ujar Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri Kota Tangerang I Gede Adiaksa menjawab pertanyaan wartawan, Jumat (1/6/2018).

Gede Adiaksa mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima bunyi putusan majelis tentang kedua terpidana tersebut, supaya ditahan. Sehingga pihaknya belum melakukan eksekusi penahanan kedua terpidana.

“Bunyi kalimat ‘supaya ditahan’ dengan ‘segera ditahan’ berbeda. Saya masih menunggu salinan putusan dari panitera dan sampai sekarang kita belum terima,” tutur Kasi Pidum.

“Meski vonis sudah dijatuhkan majelis hakim sebulan lebih, kalau kita belum dapat salinan putusan, belum bisa menentukan sikap. Petugas ekskusi itu tidak boleh salah. Kalau kita salah bisa gawat bos,” ungkap Gede Adiaksa.

Kalau saja bunyi kalimat dalam amar putusan majelis hakim, kata Gede, segera ditahan langsung jaksa melakukan eksekusi penahanan terhadap kedua terpidana.

“Coba cek ke jaksanya, apakah sudah ada salinan putusan atau tidak. Setahu saya, belum ada,” tuturnya.

Sebelumnya, pihak Kejari Tangerang menyebutkan bahwa PT Rasico Industry mengalami kerugian sebesar Rp 300 juta.

Pasalnya karena Roland P. Panggabean memerintah sejumlah orang untuk mengeluarkan barang berupa roll PVC untuk dijual tanpa sepengetahuan manajemen. Penjualan berlangsung sejak Maret sampai dengan Mei 2009.

Sementara Arias Rahadian, SH penasihat hukum Andreas korban yang dirugikan kedua terpidana, mengatakan, makna dari isi petikan putusan Nomor 947/Pid.B/2017/ PN Tangerang pada pada nomor 3. Memerintahkan supaya dilakukan eksekusi penahanan.

Dan dia juga menegaskan, selayaknya jaksa dapat menahan kedua terpidana yakni Randy Parsaoran Panggabean dan Roland P. Panggabean.

“Seharusnya, jaksa tidak boleh ragu karena amar putusan majelis hakim yang tercantum di dalam petikan putusan dan salinan putusan sama,” ungkap Arias, Jumat (1/6/2018).

Sebelumnya, Kamis (5/4/2018) lalu dua terdakwa divonis masing-masing selama 1 tahun 6 bulan dan diperintahkan untuk dilakukan eksekusi penahanan terhadap keduanya oleh majelis hakim di PN Tangerang. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...