Helmy Halim ads

Super Simic dan Kontroversi Cuap-cuap Pelecehan Via Vallen

JAKARTA,PenaMerdeka – Pemberitaan kasus pelecehan seksual secara verbal oleh pesepakbola asing yang merumput di Liga Indonesia dan kini membelit pedangdut Via Vallen, hingga beberapa hari kedepan bisa jadi masih tranding hangat. Karena sudah ada lagi yang mengaku mendapat perlakuan sama dari orang sama pula.

Tetapi lantas menjadi kontroversi, bukan tanpa sebab, di dunia hiburan kasus bermodel seperti ini disebutkan sejumlah pihak potensial bisa mengangkat serta mengeksiskan popularitas seseorang.

Memang belum dapat diungkapkan seutuhnya, pasalnya itu tadi, persoalannya ada juga yang menganggap kasus dugaan pelecehan ini sebagai bentuk pencitraan.

Kasus yang dialami Via Vallen bermula melalui kiriman pesan singkat (DM) instagram. Tetapi lantaran tak terima dan merasa dilecehkan, Via Vallen pun menyebarkan hasil perbincangan pria tersebut melalui unggahan instagram miliknya.

Pelantun ‘Sayang’ ini hanya mengungkap tujuannya menyebar capture pesan singkat tersebut di instagram. Katanya tidak ada maksud lain!

“Tujuannya karena ngga mau rame lagi. Itu sih sebenernya. Saya minta maaf kalau tindakan saya justru malah membuat temen-temen (wartawan) malah gimana gitu,” ujar Via Vallen.

Informasi yang berhasil dihimpun, Via Vallen tak bermaksud membesar-besarkan kasus ini hingga ke media massa. Sebab, dia juga khawatir kalau nantinya pemberitaan soal dugaan kasus pelecehan yang menimpanya justru semakin simpang siur.

Via mengklaim kalau tujuannya menyebarkan DM tersebut hanya sebagai bentuk antisipasi bagi wanita lain jika mengalami kejadian serupa.

“Kita kalau ada tindakan kayak gini kita harus berani speak up, kita harus berani bersikap, ngga boleh diem aja, lanjutnya.

Belakangan memang kasus dugaan pelecehan yang dialaminya dan disinyalir dilakukan pemain Persija, Marko Simic, tetapi bersamaan itu pula mengundang reaksi kontroversial dari banyak warganet dan lainnya.

Satu contoh oleh aktris Melly Bradley, bahwa Via Vallen harusnya bersyukur dihubungi oleh pemain bola yang ganteng tersebut.

“Disini sih gue bisa menilai ya, khususnya untuk penyanyi dangdutnya. Harusnya kamu bersyukur say bisa di DM dia,” ucap Melly dalam Instagram Story miliknya.

Melly Bradley pun menyayangkan ketika percakapan itu di screenshot kemudian dibagikan ke khalayak ramai.

“Bukan membenarkan atau mendukung si pemain bola itu, tapi di sini sangat menyayangkan harusnya sih nggak usah di share-share begitu sayang, jadi kesannya kamu itu gimana gitu,” ujarnya.

Dalam kasus dugaan pelecehan ini bahkan Melly pun menyebut Vallen hanya sekadar pencitraan. Ia lantas memberikan tips untuk menyingkapi gangguan negatif yang mungkin diterima Via Vallen di kemudian hari.

“Cukup simpel aja sih sayang, kalo kamu emang nggak suka, nggak terima di-DM sama siapapun itu, ya udah di block-aja, nggak usah di share, nggak usah pencitraan,” tutup Melly.

Setali tiga uang, kasus dugaan pelecehan dengan pelakon sama juga dikabarkan menimpa Disc Jockey (DJ) Dinar Candy yang memberikan testemoni telah diperlakukan seperti itu, dan dikatakannya oleh Marko ‘Super’ Simic.

“Jadi dia (Marco Simic) itu pernah nge-DM di Instagram Dinar. Dinar pikir dia itu butuh teman atau apa. Karena Dinar nggak nonton dan update masalah bola juga. Terus aku lihat profilenya pemain bola, lalu Dinar tanya ‘Are you play soccer?’ terus kata dia ‘yes’,” kata Dinar memulai cerita saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018).

Selanjutnya, kata Dinar, sebelum kasus dugaan pelecehan menyeruak Marko meminta nomor WhatsApp miliknya. Kemudian mereka sempat melakukan video call.

“Dia sempat video call. Dia tanya ‘Kamu tinggal sama siapa?’, aku bilang ‘Tinggal ama asisten,’ ‘Kamu bisa nggak ke kamar sendiri’, terus aku bilang ‘oh ngapain?’. Abis itu aku bilang ‘udah dulu mau ganti baju terus mau hapus make up’,” ujar Dinar mengenang.

Selesai mandi, Dinar melihat ada panggilan video call tidak terjawab sebanyak tiga kali. Ketika kembali berdering, dia pun mengangkatnya.

“Tapi habis itu dia tanya ‘Kamu pake baju apa?’ Terus ini yang bikin Dinar nggak respect lagi. Dia bilang ‘take of your clothes’. Dia suruh aku buka baju,” ujarnya.

Mendengar permintaan itu, Dinar mengaku emosi. Dia langsung memutus sambungan video call waktu itu. Dan hanya saja dalam dugaan pelecehan ini sebelumnya tidak membeberkannya ke publik.

Tetapi gara-gara kasus tersebut, banyak pihak yang menuntut agar Simic diganjar sanksi. Menurut Manajer Persija, Marsekal Pertama TNI Ardhi Tjahjoko belum berencana untuk memberikan hukuman kepada pemain asal Kroasia tersebut.

Ia juga mengklaim baru mendengar isu dugaan pelecehan itu melalui media. Ia mengaku belum tahu secara pasti permasalahannya.

“Kalau ada permasalahan nanti bisa dipanggil kepada yang bersangkutan. Permasalahannya apa, saya belum tahu masalahnya,” kata Ardhi Tjajoko, Selasa (5/6/2018).

Rencananya, Ardhi akan menanyakan secara langsung persoalan sesungguhnya kepada Marko Simic. (redaksi/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Zulfikar turut berduka
Disarankan
Loading...