Pemeriksaan Kesehatan, Dinkes Tangsel: Sopir Banyak Menderita Hipertensi Dan ISPA

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel melakukan pemeriksaan kesehatan puluhan sopir bus angkutan mudik lebaran 2018.

Berlangsung di Terminal Pondok Cabe, Pamulang, Kota Tangsel perikasaan kesehatan itu, bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan BNN Kota Tangsel.

Suhara Manullang, Kepala Dinkes Kota Tangsel menerangkan, saat dilakukan pemeriksaan kesehatan, beberapa sopir dinyatakan memiliki penyakit hipertensi dan ganguan penafasan (ISPA).

“Penyakit yang dialami para sopir kebanyakan hipertensi, ada juga gangguan saluran pernafasan dikarenakan faktor umur,” terang Suhara, Rabu (13/6/2018).

Suhara melanjutkan, pemeriksaan kesehatan para sopir Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) ini melibatkan Dinkes untuk pemeriksaan umum, ada juga peran BNN untuk tes narkoba.

“Kami bekerjasama dengan Dishub dan BNN dalam rangka mudik lebaran, kita periksa sebanyak 27 sopir,” jelasnya.

Meski beberapa mengidap hipertensi, para sopir tersebut tetap dianggap layak dan mendapatkan izin dari Dinkes untuk melanjutkan perjalanan.

“Untuk sementara masih bisa kita rekomendasikan, nanti kan ada pos pelayanan kesehatan lagi di jalan,” ungkapnya.

Sementara Wiwid, sopir bus dari PO Sudiro Tungga Jaya mengaku baru pertama kali mengikuti pemeriksaan kesehatan supir di Tangsel.

“Sebelumnya saya pernah cek di Bali, kalo di Tangsel baru pertama ini, aman semuanya,” kata Wiwid yang akan berangkat Ponorogo.

Sekedar diketahui, beberapa tahap pemeriksaan kesehatan dilakukan dengan tensi darah, riwayat penyakit dan tes urine. Dalam pemeriksaan di Terminal Pondok Cabe kali ini belum ditemukan sopir yang positif mengkonsumsi narkoba. (daniel)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah