Bendungan Katulampa Siaga 3, BPBD DKI: Waspada Banjir Kiriman Malam Ini

JAKARTA,PenaMerdeka – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta melaporkan bahwa kondisi Pintu Air Bendung Katulampa Bogor dalam status Siaga 3.

Untuk itu, BPDB menyampaikan Disaster Warning System (DWS) kepada warga yang tinggal di aliran Sungai Ciliwung, terutama di wilayah Bidara Cina dan Kampung Melayu, mewaspadai banjir kiriman yang diperkirakan tiba malam ini.

Sejak pukul 18.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB, kondisi muka air di Pintu Air Bendung Katulampa dilaporkan mencapai 150 cm. Kenaikan tinggi muka diakibatkan hujan yang mengguyur Bogor.

Pada pukul 21.00 WIB, BPBD DKI melaporkan tinggi muka air di Pintu Air Bendung Katulampa sudah Siaga 4. Meski demikian, sejumlah wilayah yang menjadi lintasan Sungai Ciliwung tetap diminta mengantisipasi banjir kiriman.

Pada pukul 21.25 WIB, dilaporkan sudah terjadi kenaikan muka air di Pos Pantau Depok dengan ketinggian mencapai 230 cm atau status Siaga 3.

Melansit dari akun Twitter BPBD, Sabtu (23/6/2018) malam, dalam waktu 6–9 jam ke depan air kiriman bakal sampai di wilayah Srengseng Sawah, Pejaten Timur, Rawa Jati, Bale Kambang, Pengadegan, Cikoko, Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

Upaya yang telah dilakukan BPBD yakni penyebaran informasi kepada lurah serta warga yang tinggal dibantaran kali atas kenaikan tinggi muka air Bendung Katulampa, baik melalui sosial media, seperti Twitter, Facebook, BBM, Whatsapp, dan Website resmi.

Lalu penyebaran informasi melalui Peringatan Dini Disaster Warning System (DWS) soal siaga 3 bendungan katulampa, pemberitahuan kepada camat dan lurah melalui Group Whatsapp Kebencanaan Pusdatin BPBD DKI Jakarta. (deden/uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan