Gaet Pelanggan ABG, Toyota Luncurkan Corolla Sport Hatchback

TOKYO,PenaMerdeka – Toyota akhirnya meluncurkan Corolla Sport untuk pasar Jepang, usung model hatchback baru bertenaga bensin hibrida dan turbo. Model mobil sport ini ditawarkan agar membidik Anak Baru Gede alias remaja Jepang.

Keluaran baru ini bakal menjadi salah satu model pertama yang menampilkan modul komunikasi digital sebagai standar semua model.

Modul komunikasi Corolla Sport ini untuk mengumpulkan data mengemudi yang menyediakan navigasi dan bantuan teknis berbasis cloud, serta juga pemantauan kondisi kendaraan agar memberikan update pada sistem itu.

Hal ini dinilai memungkinkan fungsi yang terhubung seperti panduan mengemudi jarak jauh, diagnosis kendaraan, pemeliharaan serta pada waktu yang optimal berdasarkan jarak tempuh kendaraan dan banyak lagi.

“Dengan menambahkan konektivitas pada model yang terkenal, model populer di kalangan pengemudi yang berusia lebih tua, Toyota berusaha menarik anak muda dan memperluas basis pelanggannya,” papar Takeshi Miyao, managing director lembaga konsultan Carnorama.

Mengutip dari Carscoops, keluaran ini menampilkan lambang baru yang mengenakan huruf “C” sebagai motifnya.

Pelanggan bakal memilih antara delapan warna eksterior Corolla Sport ini, termasuk Oxide Bronze Metallic yang baru Kabin dan dilengkapi dengan kursi yang baru dikembangkan yang menawarkan dukungan lateral yang ditingkatkan dan desain yang sporty.

Kendati demikian, agar menarik pengemudi yang lebih muda sangatlah sulit di Jepang. Lantaran, jumlah pemegang izin mengemudi di bawah usia 30 tahun turun 22 persen dalam dekade terakhir.

Sedangkan pemilik SIM yang berusia dari 65 tahun ke atas justru melonjak 64 persen, menurut data resmi.

Pelanggan di Jepang bakal ditawarkan pilihan powertrain hibrida dan mesin bensin turbo 1,2 liter. Pertama pada dasarnya ialah powertrain Prius, memanfaatkan mesin 1,8-liter 1,8-liter 97hp yang dipasangkan ke motor listrik 71hp untuk 120 hp gabungan.

Unit bensin 1,2 liter turbocharged menghasilkan 114hp (116PS) dan 136lb-ft (185Nm) torsi. Gearbox CVT dilengkapi mode 10-kecepatan manual menjadi satu-satunya pilihan, sampai Agustus ketika Toyota menambahkan gearbox manual.

Keluaran ini juga diketahui bertenaga bensin yang mempunyai all-wheel drive di trim level yang lebih mahal.

“Corolla Sport ini meneruskan DNA Corolla‘ fun to drive dan mengintegrasikan fungsi yang terhubung menuju masa depan mobilitas,” ungkap Yoshiki Konishi, chief engineer.

Penjualan Toyota Corolla Sport baru di Jepang bakal dimulai pada awal Juli, dengan harga mulai dari sekitar 2.419.200 yen (untuk model Hybrid dan 1.2 Turbo). (riri/dbs)

Disarankan
Click To Comments