Menteri Susi Sekarang Sudah Kantongi Ijazah Paket C

CIAMIS,PenaMerdeka – Meskipun November 2017 lalu telah memboyong gelar Doktor Honoris Causa dari Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya, namun Susi Pudjiastuti, baru pada Jumat (13/7/2018) mendapat ijazah Paket C.

Ijazah tersebut didapat dari PKBM Bina Pandu Mandiri yang berada di Ciamis, Jawa Barat. Susi Pudjiastuti juga tercatat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Dikabarkan, sebelum mendapatkan Ijazah Paket C tersebut, Menteri Susi sempat mengikuti ujian pada 11-13 Mei lalu.

Susi mengaku senang mendapatkan ijazah tersebut. “Karatan saja masih yang terbaik,” kata Susi, sambil tertawa lepas seperti dilansir kompas.com, Jumat (13/7/2018).

Susi merupakan anggota Kabinet Kerja sejak 2014. Meskipun tidak memiliki pendidikan formal, dan baru sekarang mengikuti kejar ijazah Paket C tetapi sejarah pejabat yang duduk dan belum menuntaskan pendidikan formal ada di era Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan itu Menteri Susi juga menjadi lulusan terbaik dari 569 peserta yang mengikuti tes Kejar Paket C.

Latar belakang Menteri Susi merupakan pegusaha ternak, dan memperjualbelikan ratusan ternak dari Jawa Tengah untuk diperdagangkan di Jawa Barat.

Sesudah tamat SMP, Susi melanjutkan pendidikannya ke SMA Negeri 1 Yogyakarta, namun berhenti di kelas 2.

Gebrakan-gebrakannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan diapresiasi oleh banyak pihak. Tak hanya dari dalam negeri, namun juga dari mancanegara.

Dan sebelum menamatkan ijazah Paket C, lantaran ‘sepakterjangnya’ sebagai Menteri ia berani mengintruksikan menenggelamkan perahu asing yang mencuri ikan di wilayah perairan Indonesia, akhirnya Susi pun sering nendapatkan kepercayaan memberikan kuliah dan ceramah di berbagai lembaga internasional.

Dan tidak hanya acara ceramah resmi lainnya, PBB pun pernah memanggilnya untuk mengisi ceramah internasional. Dia juga pernah memberikan kuliah umum di Harvard University AS. (deden/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan