Wagub DKI Minta Pemilik Gedung Sediakan Lapak untuk PKL

JAKARTA,PenaMerdeka – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta pemilik gedung menyediakan lapak untuk menampung pedagang Kaki-5. Bila sekitar seribu yang ada menyediakan sekitar 10 pedagang, maka bakal tertampung 10 ribu pedagang.

“Saya meminta kepada semua yang mempunyai atau pengelola ada di Jakarta supaya memfasilitasi para PKL, sehingga berjualannya bisa lebih tertib,” papar Sandiaga.

Dengan cara pemilik gedung menyediakan lapak, pedagang dinilai dapat merasa aman dan tertib.Tak lagi diuber aparat Satpol PP lantaran menempati sarana umum.

“Apabila bersedia untuk mengizinkan PKL menjalankan kegiatan usahanya di area-area perkantoran, maka kondisi PKL di Jakarta pastinya akan lebih rapi,” ucapnya.

Sandi juga bakal menegakkan aturan menyangkut kewaiban untuk menyediakan 20 persen lahan untuk pemberdayaan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Saya ingin di Jakarta ada yang memberikan perhatian terhadap sektor UMKM. Salah satunya dengan memberikan ruang usaha bagi PKL,” jelasnya.

Menurutnha, penataan terhadap PKL sangat penting untuk dilakukan, terlebih sebentar lagi Kota Jakarta balal menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan kompetisi olahraga Asian Games 2018.

“Oleh karena itu, kami mencoba supaya pedagang itu dapat direlokasi ke dalam area perkantoran. Disitu sudah pasti ada permintaan, ada juga marketnya,” tungkas Sandi.

Pemprov DKI juga bakal membicarakan masalah tersebut dengan pemilik gedung ataupun pengelolanya. (deden/uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan