Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pemkab Bekasi Gelar Pelatihan Kerajinan Kulit Reptil

124

KABUPATEN BEKASI,PenaMerdeka – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Perindustrian menggelar pelatihan dan pembinaan kepada pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan Wira Usaha Baru (WUB) mengembangkan kerajinan kulit reptil seperti buaya dan ular.

Kendati demikian, hal itu dinilai berpotensi agar dikembangkan masyarakat di Kabupaten Bekasi. Karena, bahan itu bisa diolah menjadi suvenir seperti tas dan dompet serta bisa mempunyai nilai ekonomis yang besar.

“Pelatihan kerajinan kulit reptil itu diikuti 40 orang peserta. Selain memberi ilmu jaringan, kita juga sekaligus sosialisasi dan penyelesaiannya saat mengembangkan kerajinan seperti ini,” terang Juniardiana, Sekretaris Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi.

Ia menjelaskan, bahwa risiko yang harus dihadapi saat mengembangkan ini adalah penggunaan bahan dasar. Khususnya untuk kulit buaya karena hewan ini dilindungi.

Sehingga dengan adanya pembinaan kerajinan kulit reptil, masyarakat bisa mengetahui aturan yang mesti ditempuh yaitu harus mempunyai izin dari instansi terkait untuk penggunaan bahan itu.

“Jadi IKM yang mengenakan bahan dasar seperti itu yang dilindungi, wajib mempunyai izin untuk dijadikan bahan suvenir,” cakapnya.

Menurutnya, IKM di Kabupaten Bekasi yang mengembangkan kerajinan itu sudah ada yang bisa menembus pasar internasional dan juga bisa memberi keuntungan berlipat mulai dari pembuatan tas, sabuk serta aksesoris lainya.

“Pemasaran kini sudah sampai keluar negeri karena komunitasnya juga banyak. Kalau modalnya itu permeter Rp. 250 ribu kalau sudah jadi kerajinan harga jualnya bisa mencapai harga sekitar Rp. 2,5 juta,” paparnya.

Diketahui, setiap bulan Pemkab Bekasi selalu melakukan pelatihan dan pembinaan kepada pelaku IKM dengan mendatangkan narasumber yang sudah berpengalaman pada bidangnya.

“Dengan pelatihan ini, semoga Kabupaten Bekasi bisa lebih maju lagi dan pelaku UKM dapat lebih sukses lagi. Untuk pelatihan kerajinan kulit reptil ini dimulai dari Senin hingga jumat,” tandasnya. (eres/ewwy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...