Pemkab Bekasi HUT RI Ke 75

2018, LPA Banten: Kasus Kekerasan Seksual dan Fisik Anak Masih Mendominasi

BANTEN,Penamerdeka – Kekerasan seksual dan fisik serta hak asuh anak masih mendominasi kasus yang ditangani Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Banten pada semester awal Januari hingga Juli 2018.

Ketua KPA Banten Uut Lutfi, mengatakan, dari berbagai kasus yang terjadi, pola asuh orang tua jadi faktor penting untuk mencegah penyimpangan dan perilaku negatif pada si buah hati.

Selain itu, LPA Banten juga menegaskan bahwa bebasnya penggunaan gadget dan smartphone oleh anak-anak tanpa pengawasan yang baik dari orang tua menjadi faktor penyebab.

“Pola asuh orang tua itu faktor penting untuk mencegah perilaku negatif anak.”

“Anak dengan segala keingintahuannya tidak mendapatkan arahan yang baik terkait penggunaan gadget tersebut, sehingga berbagai konten negatif dapat dengan mudah diakses oleh anak-anak,” kata Uut dalam rilisnya kepada penamerdeka.com, Senin (23/7/2028).

Karena itu LPA Banten berharap, pola asuh orang tua dalam membimbing dan membina anak harus lebih baik untuk tumbuh kembang anak.

Peran serta masyarakat sekitar sebagai agen yang menyentuh langsung permasalahan anak di luar rumah juga mendukung untuk mencegah terjadinya penyimpangan perilaku negatif demi terciptanya lingkungan yang ramah anak.

Uut juga mengungkapkan, di Hari Anak Nasional (HAN) ini pihaknya memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah menjalankan perannya dalam mewujudkan Kota dan Kabupaten Layak Anak di 8 Kabupaten/Kota di Provinsi Banten.

“LPA Banten mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada aparatur Desa, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi yang telah menjalankan perannya demi terwujudnya provinsi layak anak.”

“Di hari yang spesial ini kami ingin mengucapkan Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2018, semoga anak Indonesia dan khususnya Banten selalu bahagia dan dijauhkan dari kegala kekerasan baik fisik, psikis, seksual agar tumbuh kembang mereka bisa maksimal,” pungkas ketua LPA Banten menegaskan. (ari)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...