Tim Kanwil Banten Klaim Sekarang Tidak Ada Jual Beli Fasilitas Kamar Sel

0

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Tim gabungan dari Dirjen PAS, KUPT Lapas Banten, Kanwil Kumham Banten saat melakukan sidak (inspeksi mendadak) di dua lapas Kota Tangerang mengaku saat ini tidak ada jual beli fasilitas kamar sel tahanan kepada narapidana (napi).

Herman, yang tergabung dalam tim sidak dan juga Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Serang, mengatakan, pihaknya telah mendatangi Lapas Wanita dan Anak di Tangerang.

Menurutnya, saat melakukan sidak di ke dua Lapas tidak ditemukan fasilitas kamar sel dan tahanan yang keluar masuk.

“Pasalnya, sistem pelayanan izin berobat bagi Napi saja kalau dari gerakan tubuh meragukan, maka pihak Lapas akan berkonsultasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI),” kata Herman, Minggu (23/7/2018).

Dia menegaskan, tidak ada jual beli kamar karena saat ini prosesnya terkoneksi langsung dengan kantor pusat, selain itu Lapas juga dilengkapi dengan cctv.

“Jual beli kamar itu mungkin jaman dulu mas. Sekarang ini segala proses terkoneksi dengan pusat,” ucapnya.

Herman menegaskan, tidak ada jual beli fasilitas kamar sel kamar. Karena saat ini prosesnya terkoneksi langsung dengan kantor pusat yang juga dilengkapi dengan cctv.

“Jual beli kamar itu mungkin jaman dulu mas, saat ini segala proses terkoneksi dengan pusat,” ujar Herman.

Dalam sidak menurutnya hanya didapatkan kipas angin dan juga pemanas air. Ada di ruang tahanan, namun masih dianggap wajar lantaran di ruang sel tersebut bersuhu panas.

“Ada kipas angin dan dispenser ada. Suhu di ruangan panas apalagi ditambah lagi banyak tahanan. Fasilitas kamar sel pada napi berhak untuk tidur, kalau napi gak bisa tidur nanti bagaimana,” tegas Herman.

Marlik Subianto, Kalapas Pemuda Kota Tangerang, menambahkan, bahwa sidak tersebut merupakan bentuk evaluasi kejadian Lapas Suka Miskin, Bandung, Jawa Barat.

“Semuanya supaya Lapas yang ada di Banten lebih baik lagi. Dan hasil sidakpun akan di evaluasi untuk perbaikan manejemen dan fasilitas kamar sel. Kejadian lapas Suka Miskin jadi pembelajaran kita semua. Kakanwil pingin menertibkan supaya semua Lapas berjalan dengan SOP,” tandasnya. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE