Pemkab Bekasi ads HPN 2020

BPBD Kota Tangerang Gelar Simulasi Antisipasi Ancaman Bencana

0 385

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Melalui simulasi tanggap bencana, BPBD Kota Tangerang wujudkan masyarakat yang tangguh sadar dan waspada terhadap ancaman bencana.

Berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, selain diberikan pembekalan materi ruangan, sebanyak lebih kurang 40 peserta juga diberikan pelatihan di lapangan.

Bisri, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Tangerang mengatakan, selain penyuluhan di 104 Kelurahan se-Kota Tangerang tentang antisipasi ancaman bencana, peserta juga diberikan praktek lapangan.

“Sebelumnya kita berikan materi ruangan, kemudian kita lanjut praktek lapangan seperti sekarang ini, agar mereka paham bagai mana menyelamatkan orang tengelam, mendirikan tenda, membuat dapur darurat dan sebagainya,” terang Bisri di Buper Situ Cipondoh, Senin (30/7/2018).

Bisri menambahkan, di Kota Tangerang memang sudah tidak ada banjir, namun ada beberapa wilayah yang saat ini masih menjadi titik banjir.

“Memang sudah tidak ada, maka pelatihan ini kita berikan kepada warga yang wilayahnya masih sering terdampak genangan kalau banjir tahunan datang,” jelasnya.

Lebih dalam ia mengatakan, titik banjir yang masih ada di Kota Tangerang, seperti di Kelurahan Panunggan Barat, Jatiuwung Pinang dan Kunciran Indah.

“Banjir itu kerap terjadi di Pecandulan dan Kali Sabi, maka untuk pelaksanaannya ini kita lakukan hingga tanggal 2 Agustus 2018 mendatang dan terakhir kita lakukan di Kelurahan Kunciran Indah,” ungkapnya.

Bisri menambahkan, kegitan simulasi untuk mewujudkan masyarakat tangguh terhadap ancaman bencana ini, melibatkan RT RW, tokoh masyrakat, tokoh pemuda, karang taruna dan para pelaku usaha.

“Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti simulasi ini, namun sayangnya dibatasi hanya 40 perseta saja, jika tidak yang ikut bisa lebih dari itu,” tandasnya. (advetorial)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disperkimta Tangsel Ads
Disarankan
Loading...