Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Alasan Dzuriyat Banten Menolak Deklarasi #2019GantiPresiden di Kawasan Makam Sultan

0 228

BANTEN,PenaMerdeka – Menjelang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden kawasan makam Sultan Maulana Yusuf di Provinsi Banten bakal dijadikan tempat pelaksanaan kegiatan Deklarasi #2019GantiPresiden oleh salah satu kelompok.

Sementara anak cucu (dzuriyat) Sultan Maulana Yusuf merasa keberatan. Pasalnya mereka tidak ingin tanah leluhurnya digunakan untuk kegiatan arena politik.

Seperti dikabarkan, Deklarasi #2019GantiPresiden yang dilakukan pada Jumat (10/8/2018) akan mengunakan halaman parkir makam Sultan Maulana Yusuf.

Tubagus Yusuf, keturunan Sultan Maulana Yusuf mengatakan, lokasi tersebut milik semua umat Islam dan jadi lokasi untuk berziarah serta tempat sakral, bukan untuk kegiatan politik.

“Ini makam Waliyullah seorang Sultan Banten. Ulama yang notabenenya mempersatukan umat bukan untuk kegiatan politik 2019 ganti presiden,” terang Tubagus Yusuf di kawasan Banten Lama, Rabu (8/8/2018) lalu.

Tubagus Yusuf menambahkan, Deklarasi adalah gerakan nafsu politik, mencari kekuasaan yang potensinya dapat memecah belah bumi Banten.

Maka untuk menjaga keutuhan keturunan Sultan dengan nama depan Tubagus tidak terganggu, ia meminta panitia Deklarasi #2019GantiPresiden menghormati tanah leluhurnya.

“Sadar dan hormati yang mau deklarasi di tanah eyang kami, jangan paksakan nafsu politik untuk kekuasaan, karena dapat memecah bumi Banten. Kami keturunan Maulana Yusuf tidak ingin diganggu keutuhan kami yang mengatasnamakan apa pun,” ungkapnya.

Para penyandang gelar Tubagus dari keturunan Sultan Maulana Yusuf ini menyampaikan 3 permintaan atas rencana Deklarasi #2019GantiPresiden yang dianggap sebagai kegiatan politik. Mereka melakukan aksi di depan makam sultan dan menolak deklarasi tersebut.

Berikut bunyi 3 tuntutan para keturunan kesultanan Banten:

1. Kami keluarga besar dzuriat menolak kegiatan deklarasi 2019 ganti Presiden.

2. Kami tidak pernah memberikan izin untuk kegiatan deklarasi ganti Presiden karena ini tempat religi.

3. Kami tidak ingin ada warga di luar Kesultanan membuat gaduh di lingkungan makam kesultanan. (abdul)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...