Ingin Menu Seafood? Yuk, Intip Resep Cumi Saus Asam Manis

JAKARTA,PenaMerdeka – Anda ingin membuat menu yang berbeda? Yuk, membuat seafood ala restoran favorit Anda. Misalnya Cumi Saus Asam Manis.

Proses pembuatannya pun sangat mudah. Bahan ini mudah didapatkan dipasar terdekat, selain itu dapat diolah menjadi menu santap siang juga loh.

Campurannya ini sangat menggugah selera. Penasaran? Berikut resep membuat Cumi Saus Asam Manis yang sudah disiapkan oleh PenaMerdeka.com untuk Anda;

Bahan-bahan:

400 g cumi-cumi
Biji wijen
Minyak goreng untuk menggoreng

Bahan rendaman:

1 sdt minyak wijen
1 butir putih telur
1 sdt air jeruk lemon
2 cm jahe, parut
1 sdm kecap asin
1½ sdm tepung pati jagung maizena

Bahan saus:

1/2 buah bawang bombai
3 siung bawang putih, cincang
1 buah cabai merah, iris tipis
1 buah cabai hijau, iris tipis
1 sdm larutan tepung pati jagung
½ sdm air jeruk lemon
5 sdm saus tomat
½ sdm cuka
Gula secukupnya
Garam secukupnya
Lada secukupnya

Proses pembuatan:

Pertama cuci bersih bahan utama, potong bentuk cincin. Lalu sisihkan. Campurkan dengan minyak wijen, putih telur, air jeruk lemon, jahe parut, kecap asin dan juga tepung pati jagung. Campur hingga terlihat merata.

Panaskan minyak, goreng sampai berwarna cokelat keemasan. Angkat, tiriskan, sisihkan. Pada wajan lain, panaskan minyak, masukkan bawang bombai, bawang putih, cabai merah dan juga cabai hijau besar. Tumis sampai tercium wangi. Masukkan saus tomat, air jeruk lemon dan cuka. Setelah itu aduk rata.

Masukkan air. Aduk kembali dan bumbui dengan garam, lada serta gula. Masak sampai mendidih. Masukkan larutan tepung pati jagung, lalu aduk hingga mengental. Masukkan aduk rata. Cumi saus asam manis siap disajikan untuk menu makan siang Anda. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah