Oktober mendatang, Tarif Air Bersih di Kabupaten Bekasi Naik

KABUPATEN BEKASI,PenaMerdeka – Pada bulan Oktober mendatang, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi di Kota dan Kabupaten Bekasi akan menaikkan tarif air bersih. Kenaikan besaran itu masih dikaji oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bekasi.

Yusmet, Kepala Bagian Hukum dan Humas PDAM Tirta Bhagasasi mengatakan, dalam waktu dekat ini akan diumumkan. Saat ini, pihaknya masih melakukan penggodokan untuk diajukan kepada dewan pengawas terlebih dahulu.

“Kenaikan tarif air bersih masih dalam kajian, dan kita juga pastikan bulan Oktober nanti kenaikan,” terang Yusmet di Bekasi.

Menurutnya, pelanggan PDAM di Kota dan Kabupaten Bekasi tercatat 224.000 konsumen. Dalam waktu dekat pelanggan PDAM bakal diberi tahu terkait kenaikan dengan melakukan sosialisasi dan pemberitahuan langsung.

“Harga bahan baku lainnya seperti listrik, bahan kimia dan juga sebagainya cenderung mengalami kenaikan pada setiap tahun,” cakapnya.

Sehingga, apabila tarif tak segera dinaikan akan berdampak pada pendapatan perusahaan ke pemerintah daerah. Selama empat tahun tak mengalami kenaikan, perusahaan cenderung melakukan upaya efesiensi guna menekan biaya pengeluaran.

Contohnya, penggunaan listrik yang dianggap kurang penting langsung dimatikan oleh petugas. Meskipun mengefisiensi biaya pengeluaran, tetapi pendapatan asli daerah (PAD) yang disetor cenderung stagnan menurun untuk Kota dan Kabupaten Bekasi.

“Oleh karena itu, penyesuaian tarif air bersih merupakan hal yang mendesak sekali. Sebab apabila tak segera dinaikkan bakal berdampak pada pendapatan perusahaan,” pungkasnya. (ewwy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah