Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Ternyata! Suplemen Minyak Ikan Tak Terbukti untuk Kesehatan Jantung

0 217

JAKARTA,PenaMerdeka – Suplemen minyak ikan dipercaya sangat baik untuk kesehatan jantung. Namun, penelitian terbaru mengungkapkan temuan bahwa tak ditemukan adanya efek perlindungan untuk kesehatan jantung ataupun stroke.

“Terlepas dari semua informasi yang ada di dunia. Kami tidak melihat adanya efek perlindungan dari bahan tersebut,” papar penulis utama Cochrane, Dr Lee Hooper dari University of East Anglia.

Mengutip dari BBC, Peneliti menganalisis kandungan suplemen minyak ikan pada lebih dari 100.000 responden. Sementara Hooper menyatakan, peluang mendapatkan manfaat dari mengonsumsi bahan itu omega-3 hanya 1:1.000.

“Kami percaya pembuktian ini bertentangan dengan keyakinan populer apabila omega-3 suplemen yang bisa melindungi jantung. Tinjauan sistematis ini mencakup informasi dari ribuan orang dengan jangka waktu lama,” katanya.

Studi ini memberikan bukti mengonsumsi omega-3 seperti minyak ikan, EPA, atau DHA, tidak mempunyai manfaat bagi kesehatan jantung atau mengurangi risiko stroke.

Menurut peneliti, beberapa ikan ditemukan mengandung bahan kimia yang mungkin dapat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Misalnya hiu, marlin dan juha todak yang terbukti mengandung merkuri dalam jumlah kecil.

Hewan laut itu harus dihindari oleh wanita hamil, wanita yang sedang merencanakan kehamilan serta anak di bawah usia 16 tahun. Meski tak ditemukan perlindungan untuk kesehatan jantung, namun suplemen minyak ikan ini baik untuk diet dan kesehatan umum. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...