Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Verifikasi Dokumen DCS, KPU Kota Tangerang Coret 8 Bacaleg TMS

0 281

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – KPU telah menyampaikan hasil verifikasi dokumen DCS (Daftar Caleg Sementara) kepada Parpol Kota Tangerang, peserta pemilu legislatif (Pileg) tahun 2019.

Berlangsung di Aula kantor sekretariat KPU Kota Tangerang, Jalan Nyimas Melati No 16 Sukarasa, Kota Tangerang, nampak hadir anggota Bawaslu Kota Tangerang, ketua partai peserta Pileg 2019, Bacaleg dari beberapa Parpol dan elemen penghubung Parpol.

Sanusi, Ketua KPU Kota Tangerang mengatakan, penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) akan diumumkan setelah hasil verifikasi dokumen DCS Bacaleg selesai dirampungkan.

“Kita masih harus menjalani tahapan-tahapan, maka mohon dilaksanakan dengan kerja sama yang baik dan hari ini khusus kita sampaikan verifikasi hasil perbaikan, sebab ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan harapan kita,” terang pria yang kerap disapa Pane, Jumat (10/8/2018).

Pane menambahkan, ajuan dari 16 Parpol semula 659 orang, setelah perbaikan total 651 orang yang memenuhi syarat. Karena 8 Bacaleg tidak memenuhi syarat (TMS) sampai batas akhir perbaikan.

“Jadi berkurang 8 orang dari yang awal setelah verifikasi dokumen DCS berlangsung, karena partai sampai batas akhir tidak kunjung melengkapi persyaratannya. Dari PKPI 6 orang, Demokrat 1 orang dan Golkar 1 orang, maka KPU mencoretnya,” jelasnya.

Lebih dalam ia mengatakan, setelah disampaikan kepada Parpol, kemudian hasil verifikasi Bacaleg tersebut akan disampaikan kepada masyarakat, guna meminta tanggapannya.

“Kita mulai meminta komentarnya tanggal 12 sampai dengan 21 Agustus mendatang, kami akan konprontir dan mengklarifikasi kepada calegnya juga Parpolnya untuk acuan penetapan DCT, maka apapun tanggapan masyarakat yang kita temukan akan tetap kita konfirmasi agar sesuai dengan fakta dan data,” ungkapnya.

Pane melanjutkan, bersamaan proses pencalegan ini, akan dilakukan proses perbaikan data pemilih untuk Pileg 2019 mendatang.

“Kita akan lakukan Pleno DPSHP ditingkat PPS pada 11 Agustus besok dan tanggal 13 Agustus kita akan melakukan Pleno ditingkat PPK, maka kami harap Parpol bisa menghadirkan saksinya atau elemen penghubung kepada Parpol,” paparnya.

Setelah tahapan verifikasi dokumen DCS Bacaleg lengkap, kata Pane, pada tanggal 21 Agustus mendatang, KPU akan mengumumkan penetapan DCT.

“Insya Allah rencananya di Hotel Narita Cipondoh, Kota Tangerang dan kita akan mengundang pimpinan Parpol Kota Tangerang atau perwakilannya, juga sampai tangga 15 Agustus kita masih memiliki waktu untuk perbaikan DPT, sejauh ini di web si Bentos sudah ada sebanyak 15 KK yang mengajukan secara online dan KPU merespon secara cepat,” tandasnya. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...