Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

KPU Kota Tangerang: Penyerahan LHKPN Caleg Wajib Sebelum Pelantikan

0 376

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Peraturan KPU tentang penyerahan LHKPN atau Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara bagi calon anggota legisatif (Caleg) yang sempat menuai kontroversi, dipastikan akan menjadi syarat calon terpilih untuk dapat menduduki kursi DPRD baik di tingkat pusat maupun daerah.

Pasalnya pelaporan tersebut sudah diatur dalam PKPU No.20 Tahun 2018 pasal 37 ayat 1-3.

Bambang Heriadi Komisioner KPU divisi hukum mengatakan, untuk pelaporan harta pribadi dari Caleg dipastikan ada dalam Pileg 2019.

“Itu pastinya ada nanti. Kalau dulu LHKPN jadi syarat pencalonan, tapi kalau sekarang LHKPN harus dilaporkan sebelum calon terpilih dilantik. Namun, untuk juknisnya belum dapat,” kata Bambang kepada PenaMerdeka.com, Jumat (10/8/2018).

Kemudian Bambang memaparkan, penyerahan LHKPN itu merupakan kewajiban para Caleg terpilih agar bisa mengikuti pelantikan yang diselenggarakan KPU baik di pusat maupun di daerah.

“Mengacu PKPU, caleg terpilih harus menyerahkan laporan kekayaanya itu, kalau tidak, ya ga bisa dilantik,” paparnya.

Bambang juga menyatakan, penyerahan LHKPN akan disosialisasikan ke partai politik setelah KPU melakukan bimbingan teknis soal bagaimana petunjuk teknis para calon melaporkan harta kekayaanya.

“Prinsipnya calon terpilih wajib menyerahkan LHKPN, kalau tidak namanya tidak tercantum di daftar pengajuan calon yang akan dilantik,” tandasnya. (ari)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...