Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Polisi Gagalkan Perdagangan Manusia di Bandara Soetta

41

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Polisi menggagalkan perdagangan manusia dari Jakarta ke Bali oleh pemuda bernama Ilham (21). Saat hendak membawa empat korban, pelaku berhasil diringkus di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang.

“Kami masih memburu satu pelaku lagi, ia rekannya Ilham. Pelaku atas nama Budi masih buron,” terang Kombes Pol Argo Yuwono, Kabid Humas Polda Metro Jaya di Mapolda Metro Jaya.

Argo menjelaskan, terdapat empat orang wanita yang menjadi korban perdagangan manusia. Salah satunya anak di bawah umur. Keempat korban yaitu AF (18), SN (21), AL (18), dan SM (17).

Kejadian bermula saat polisi mendapatkan informasi adanya aksi pelaku yang merekrut anak di bawah umur untuk dipekerjakan sebagai tenaga terapis di sebuah SPA di Pulau Bali dan menjanjikan sejumlah uang.

Berdasarkan penyelidikan, ditemukan pelaku bernama Ilham yang tengah membawa para korban di kawasan Bandara Soetta. Penyidik lalu mengamankan korban perdagangan manusia tersebut serta membawa pelaku ke Mapolres Kota Bandara Soetta.

“Korban tersebut diketahui bakal dibawa dari Jakarta menuju ke Bali dengan penerbangan Lion Air JT42,” ungkap Argo.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil menyita barang bukti berupa satu unit telepon genggam, empat lembar surat palsu berupa bukti perekaman KTP elektronik atas nama para korban.

Lalu, lima lembar boarding pass, serta satu bundel screen capture yang merupakan percakapan WhatsApp antara Ilham dan Budi.

Akibat perbuatannya, pelaku perdagangan manusia dijerat Pasal 76D Jo Pasal 81 ayat 1 dan 2 dan atau Pasal 76E Jo Pasal 82 ayat 1 dan atau Pasal 76F Jo Pasal 83 dan atau Pasal 76I Jo Pasal 88 UU Nomor 35/2014 tentang Perubahan Atas UU Nomor 23/2002 tentang Perlindungan Anak dan atau Pasal 2 UU Nomor 21/2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan atau Pasal 263 KUHP dan atau Pasal 266 KUHP. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...