Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Presiden Erdogan Bakal Resmi Buka Masjid Terbesar di Jerman

44

COLOGNE,PenaMerdeka – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bakal mengambil bagian dalam upacara pembukaan masjid terbesar Eropa di Jerman pada 29 September 2018 mendatang.

Rencana kunjungan itu menjadi sorotan media di Jerman lantaran pemimpin Turki itu sudah dikecam banyak politisi Berlin atas berbagai kebijakan otoriternya termasuk penganiayaan terhadap jurnalis.

Masjid Pusat Persatuan Turki-Islam Jerman untuk Urusan Agama (DITIB) yang dibuka Erdogan berada di Cologne. Organisasi itu mengakui sudah menerima konfirmasi rencana kehadiran Presiden Erdogan dalam upacara pembukaan masjid terbesar.

Perdana Menteri North Rhine-Westphalia Armin Laschet dari Partai Uni Demokrat Kristen (CDU) pimpinan Kanselir Jerman Angela Merkel diharapkan juga datang untuk ambil bagian dalam upacara pembukaan tersebut bersama Erdogan.

Namun, kantor Laschet menyangkal bahwa ia akan menghadiri upacara itu. Menekankan pentingnya dialog terbuka dan kritis soal hubungan internasional, kantor Laschet mengklaim pembukaan DITIB bukanlah tempat yang tepat untuk dikunjungi politisi tersebut.

DITIB mengelola lebih dari 900 masjid di Jerman, secara resmi merupakan asosiasi independen di Jerman. Namun, imamnya sering dikirim oleh badan agama Turki—Direktorat Urusan Agama Diyanet—melapor ke pemerintah Erdogan.

Beberapa dari mereka bahkan dituduh memata-matai lawan-lawan Erdogan di Jerman.

Tempat ibadah yang dimaksud terletak di lingkungan utama komunitas Turki di Cologne, Ehrenfeld yang mempunyai kapasitas 1.100 orang dan dinobatkan sebagai yang masjid terbesar di Eropa. Tempat DITIB itu sejatinya sudah digunakan untuk ibadah pertama sejak tahun lalu, namun belum dibuka resmi. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...