Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Cerita Relawan Tagana Banten Ketika Distribusi Bantuan Bencana Sulit Dijangkau

72

SULTENG,PenaMerdeka – Gempa dan tsunami di Donggala dan Palu (Sulteng) telah meluluhlantahkan bangunan hingga akses jalan. Meski begitu, 10 Relawan Tagana Banten yang telah tiba di kawasan tertimpa bencana sudah aktif melakukan distribusi bantuan ke lokasi dengan transportasi laut.

Ketua Koordinator Relawan Tagana Provinsi Banten Abu Salim mengatakan, sejak tiba di Sulteng, dimulai pukul 06.00 WWITA, seluruh tim terbagi menjadi beberapa bagian termasuk di dapur umum, pengelolaan registrasi data penerima dan pemberian bantuan.

“Kondisi saat ini masyarakat sedang menunggu logsitik. Tagana Banten harus sigap memberikan paket bantuan,” kata Abu Salim dikonfirmasi via jaringan seluler, Kamis (11/10/2018).

Ia melanjutkan, ada kesulitan soal akses pengiriman bantuan. Sementara jarak tempuh dari Palu ke lokasi sekitar 35 hingga 40 KM. Dan itu pun harus dilalui dengan transportasi laut. Pasalnya kata dia jika bantuan dikirim melalui jalur darat belum bisa dilakukan karena banyak akses jalan yang terputus.

“Daerah bencana hampir dipastikan terisolir. Jarak tempuh dari pelabuhan apung Mapaga ke lokasi (Balaesang Tanjung) kurang lebih 3 jam. Menurut keterangan Bupati Donggala bahwa medan yang ditempuh sangat ekstrim,” katanya menjelaskan.

Relawan Tagana Banten menurutnya selain menerjunkan tim dapur umum yang bergabung dengan tim di Gorontalo juga menyiapkan layanan psikososial.

“Tim psikososial sudah mendirikan tenda memberikan pelayanan korban gempa dan tsunami kepada anak-anak dan dewasa yang terletak di LDP Petobo, Biramarau Sigi,” ungkapnya.

Kata Abu bahwa tantangan tim Relawan Tagana Banten selain harus berhati-hati, menjaga kesehatan, namun yang lebih diutamakan pula supaya biaa menjaga emosi.

Buakan tanpa sebab, tim harus berhadapan dengan berbagai macam sifat dan karakter penyintas.

‘Dengan suhu di kisaran 30-40 derajat, persoalan itu memang menjadi tantangan. Tapi relawan Tagana Banten masih tetap tersenyum dan semangat demi saudara-saudara kita,” tuturnya. (ari tagor)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...