Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Lewat Kecamatan dan Kelurahan, Pemkot Bekasi Tarik PBB Rp50 Miliar

0 17

BEKASI,PenaMerdeka – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menarik Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Rp50 miliar dari masyarakat melalui kantor kelurahan dan kecamatan wilayah setempat selama sebulan.

Pajak ini terkumpul usai pemerintah daerah melakukan gebrakan dengan mendatangi rumah warga yang menunggak iuran PBB.

Karya Sukmajaya, Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bekasi mengatakan, upaya ini dilakukan guna meningkatkan realisasi dan potensi perolehan pajak dari sektor PBB.

Sebab, perolehan PBB di Bekasi saat ini baru mencapai 97,98 persen dari target yang dipatok sebesar Rp 340,5 miliar.

“Realisasi baru tercapai sampai 26 Oktober ini sebesar Rp 333.626.696.112. Kami optimis perolehan PBB bakal menembus target hingga Desember 2018 nanti. Apalagi pemerintah menghapus sanksi denda kepada penunggak PBB,” terang Karya, Senin (29/10/2018).

Karya menjelaskan, kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Walikota Bekasi Nomor 48 Tahun 2018 soal Penghapusan Sanksi Administrasi Piutang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

“Denda awal yang sebesar 2 persen kita tiadakan dulu dengan Perwal yang diterbitkan. Penghapusan sanksi denda itu dimulai sejak awal Oktober hingga akhir Desember 2018,” cakapnya.

Hingga saat ini, kata Karya, pembukuan 1, 2 dan 3 telah diserahkan kepafa pihak kelurahan sebagai upaya penagihan piutang pada wajib pajak.

Buku itu berisikan daftar tunggakan wajib pajak sektor menengah. Sedangkan pembukuan 4 dan 5 sektor dari perusahaan diserahkan pihak kecamatan. (ewwy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...