Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Telan Biaya Rp73 Miliar, Pelebaran Jalan Raya Puncak Dikerjakan Pekan Depan

0 19

BOGOR,PenaMerdeka – Pelebaran Jalan Raya Puncak (Megamendung-Cisarua) guna mengatasi kemacetan mulai dikerjakan pekan depan. Proyek ini dibiayai melalui APBN sebesar Rp73 miliar yang sedang proses penandatanganan kontrak pemenang tender.

“Mudah-mudahan proyek ini telah dapat dimulai pekan depan,” terang Haryanto Sihombing, Kepala Satuan Kerja Metropolitan II Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ia mengatakan, pelebaran jalan akan dilakukan pada beberapa titik lokasi yang sempat dipadati pedagang kaki lima (PKL) mulai dari Gadog, Ciawi hingga dengan perbatasan Cianjur.

“Tak sepanjang jalur itu dilebarkan, tapi hanya dispot-spot yang pada sebelumnya dipakai PKL atau berdiri bangunan liar dan di titik yang dimungkinkan untuk dilebarkan,” cakapnya.

Selain itu, Kementerian PUPR juga turut ikut menyediakan lahan untuk rest area di dekat kawasan Agrowisata Gunung Mas, Cisarua seluas 5 hektare.

Rest area itu rencananya menampung PKL yang tergusur lantaran adanya pelebaran. Untuk pembangunan fisik rest area dananya dari Pemkab Bogor.

Sementara itu, Hari Suko Setiono, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Kementerian PUPR, menyatakan, proyek ini memang meleset dari jadwal semula. Ini disebabkan lantaran menunggu tersedianya lahan yang bakal dijadikan untuk tempat relokasi para pedagang.

“Enggak lambat sih, tapi masalahnya di lahan. Kalau pelebaran kan memanfaatkan lahan yang sempat ditempati pedagang,” ujarnya.

Kata Suko, tahun lalu beberapa titik di jalur Puncak sempat dilebarkan. Namun pelebaran sekitar 1 meter pada sisi kiri dan kanan jalan belum mampu mengurai kemacetan di kawasan tersebut.

Pihaknya berharap hal itu untuk yang kedua kalinya serta adanya rest area diharapkan bisa mengurangi kemacetan dan mencegah kecelakaan di kawasan Puncak.

Sementara itu, Kementerian PUPR sejak Juli 2018 juga sedang membangun duplikat jembatan Gadog sebagai solusi kemacetan serta antisipasi kecelakaan yang kerap terjadi di lokasi tersebut.

Proyek itu dan pelebaran jalan tersebut progresnya sudah mencapai lebih dari 45% dan ditargetkan awal tahun depan sudah bisa difungsikan. (ers)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...