Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Rumah Pangan Santri Disebut Bakal Jadi Model Program Inspirasi di Banten

0 32

BANTEN,PenaMerdeka – Bersama Biro Kesra Pemprov Banten, Polda Banten, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Forum Silaturahim Pondok Pesantren (RSPP) dan Perum Bulog Divisi Regional DKI Jakarta dan Banten saat ini sedang mengoptimalakan program Rumah Pangan Santri.

Berbarengan pegembangan program, dikabarkan Perum Bulog juga sedang gencar melaksanakan kegiatan Rumah Pangan Kita (RPK). Dan Baznas pun untuk memperkuat program sedang menggelar kegiatan Z-Mart.

Dalam acara pengembangan program Rumah Makan Santri dan serah terima bantuan pangan nampak hadir Ketua Baznas Provinsi Banten Prof Suparman Usman didampingi Prof Sibli Sarjaya, Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Banten Irvan Santoso serta perwakilan Perum Bulog Meitha Novarini.

Menurut Kepala Biro Kesra Irvan Santoso, pada 2018 sebelumnya Pemprov Banten telah menggelontorkan dana hibah kepada Pondok Pesantren senilai masing-masing Rp20 juta.

Kata Irvan, pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama pengembangan Rumah Pangan Santri yang dilakukan pihak lain.

Sebab kata dia, Pondok Pesantren merupakan salah satu pangsa pasar potensial yang membutuhkan pangan. Sehingga diharapkan tercipta jejaring pasar yang kompak dan terintegrasi.

“Pondok pesantren sebagai produsen yang produknya bisa dipasarkan. Ini juga yang harus diciptakan,” kata Irvan.

Maka itu pihaknya yakin apabila jejaring pasar sudah terbentuk baik, program kebutuhan pondok pesantren dapat menjadi kekuatan ekonomi baru baik sebagai pasar maupun produsen.

Sementara itu Meitha Novarini dari perwakilan Perum Bulog menjelaskan, program Rumah Pangan Santri ini merupakan program khas Banten.

Dan nantinya kata Meitha, akan dikembangkan juga di daerah lainnya, jadi yang dilakukan di Banten menjadi inspirasi untuk daerah lainnya.

Sehingga Peran Pemprov Banten ke depannya diaharapkan lebih aktif mengalokasikan anggaran untuk mendukung program Rumah Pangan Santri. (abdul)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...