Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Menengok Rezha Hazmi Pria Kota Tangerang Juara Pemuda inspiratif Nasional 2018

0 154

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Satu kelurahan satu Koperasi berdampak positif pada Usaha Kecil menengah (UKM) menjadi program unggulan pada ajang Pemuda Inspiratif 2018 tingkat nasional yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Adalah Rezha Hazmi, Ketua Karang Taruna RW 08 Kelurahan Karang Tengah yang mewakili Kota Tangerang, sukses menjadi juara pertama pada ajang bergengsi Program Kemenpora yang diikuti 32 peserta dari 16 Provinsi yang digelar di Kabupaten Serang, Banten, Minggu (11/11/2018).

Rezha mengatakan, keikutsertaannya pada salah satu program unggulan Kemenpora tersebut, bermula saat dirinya diminta untuk membawa nama baik Karang Tengah mewakili koperasi dan UKM buah berenuk yang ada di wilayahnya.

“Sebagai Ketua Karang Taruna saya merasa permintaan itu sebagai tugas saya untuk membantu mengangkat nama baik wilayah, apalagi warga sini mendukung, baik secara moril maupun materil,” kata Rezha kepada Penamerdeka.com, Jumat (16/11/2018).

Materi satu kelurahan satu koperasi yang diusung pada ajang pemuda inspiratif 2018 disebut Rezha sesuai dengan apa yang dicita-citakan Pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Mahasiswa semester akhir STIE Ahmad Dahlan ini menuturkan, apabila koperasi dijalankan sesuai dengan fungsinya maka akan berdampak positif kepada pelaku-pelaku usaha.

Salah satunya seperti koperasi Mitra Amanah Karang Tengah yang diawasi langsung oleh Kelurahan dan dikelola oleh masyarakat sekitar serta pelaku UKM, karena berfungsi dengan baik, maka berpengaruh pada UKM yang ada di Kelurahan Karang Tengah, Kota Tangerang.

“UKM-UKM kita disini jadi berkembang semua, seperti UKM buah berenuk, yang tadinya hanya satu pelakunya, sekarang sudah ada empat orang pelaku usaha yang mengolah buah berenuk menjadi minuman kesehatan,” tuturnya.

Rezha melanjutkan, selain itu juga dampak positifnya lagi adalah limbah hasil pengolahan buah berenuk dapat dimanfaatkan menjadi asesoris dan pupuk organik oleh karang taruna.

“Yang tadinya pemuda-pemuda kita nongkrong tidak jelas, dengan adanya UKM ini mereka menjadi lebih positif, yang tadinya nganggur sekarang mereka bisa dapat penghasilan dari pengolahan limbah buah berenuk ini,” terangnya.

Dengan berjalannya Koperasi dan berdampak langsung pada pelaku usaha khususnya UKM buah berenuk, Rezha berujar telah sepakat dengan pengurus koperasi dan pelaku UKM untuk menjadikan RW 08 Kelurahan Karang Tengah sebagai kampung berenuk.

Sebagai juara pemuda inspiratif 2018, Rezha berharap generasi muda sebagai agen perubahan untuk terus berusaha dan berinovasi dalam bidang yang digelutinya. Karena menurutnya, tidak ada orang bodoh di dunia ini, yang ada hanya orang pintar pada bidangnya masing-masing.

“Sukses dan gagalnya seseorang bukan dari orang lain, melainkan dari diri sendiri. Lebih baik menghabiskan gagal di waktu muda, daripada harus merasakan pahit di usia tua,” pungkasnya. (ari tagor/hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...