Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

KPU-RI Segera Audensi ke MK Soal Pencalonan DPD Buntut Putusan MA

0 29

JAKARTA,PenaMerdeka – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan audensi kepada Mahkamah Konstitusi menyusul adanya putusan MA (Mahkamah Agung) dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta yang memenangkan gugatan Osman Sapta Odang (OSO) dalam perkara judicial review putusan MK.

Saat ini menurut KPU atas dasar putusan MK terkait syarat pencalonan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) OSO yang juga Ketum Partai Hanura sebelumnya dalam proses pendaftaran tercatat Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada Pemilu 2019 mendatang.

Seperti diketahui putusan MK Nomor 30/PUU-XVI/2018 yang menyatakan anggota partai politik dilarang menjadi calon anggota DPD.

Pramono Ubaid Tanthowi Komisioner KPU-RI menyebut bahwa audiensi dengan MK direncanakan dalam waktu dekat. Pasalnya pihaknya mengharapkan supaya MK memberi waktu sehingga KPU tak mengabaikan putusan-putusan lembaga peradilan hukum lainnya.

“Kita harapkan MK memberi waktu (audiensi) secepatnya sehingga kita masih dalam rentan waktu yang ditetapkan oleh Undang-Undang dalam tindaklanjuti putusan PTUN,” kata Pramono di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/11/2018).

Maka itu Pramono mengaku pihaknya sudah melayangkan surat ke MK. Intinya pihak KPU persoalan putusan antar lembaga Peradilan segera diselesaikan lantaran tahapan perhelatan pemilu 2019 sedang berjalan.

“Ya mudah-mudahan dalam minggu ini sudah ada jawaban soal jadwal dari MK. Supaya hasil audensi bisa dipertimbanhkan KPU di rapat internal,” ujar Pramono.

Lebih dalam kata dia, selain hasil audiensi dengan MK, para ahli hukum, nantinya KPU juga akan mempertimbangkan saran dari MA. (uki/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...