Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pertama Kali, Turki Latih 5.379 Polisi Afganistan

0 218

KABUL,PenaMerdeka – Diplomat Ankara di Kabul menyebutkan, bahwa Turki melatih 5.397 petugas polisi Afghanistan sejak 2001 ketika perjanjian pelatihan polisi pertama ditandatangani antara kedua negara.

“Perjanjian 2001 ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri kedua negara memfasilitasi pelatihan perwira di 95 bidang yang berbeda,” cakap Ilker Turkbayrak, Wakil Menteri Dalam Negeri Turki di kedutaan Turki di Kabul seperti dikutip dari Anadolu, Minggu (23/12/2018).

Turkbayrak menegaskan kepada Anadolu bahwa fase baru seperti ini dimulai pada 2011 dengan kursus dua tahunan di pusat pelatihan polisi di provinsi tengah Turki, Sivas.

Bahwa juga kata dia, 1.335 petugas polisi perempuan dilatih, Turki bangga telah memainkan peran besar dalam pelatihan setengah dari personil polisi perempuan dari Afghanistan.

Turkbayrak menambahkan, ada juga rencana untuk meningkatkan proporsi wanita dalam kepolisian dalam waktu empat tahun ke depan.

Sebagai bagian kesepakatan lain pada 2015 lalu 60 petugas lulus pada 2018 dari Akademi Kepolisian Ankara, 20 di antaranya langsung dikirim ke Afghanistan sebagai pelatih.

“Kerja sama militer kami ini dengan Afghanistan jauh di belakang, pelatihan pertama tentara nasional Afghanistan diajar oleh perwira Turki yang dikirim oleh Mustafa Kemal Ataturk,” pungkas Turkbayrak. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...