Ads Helmi Halim

Wuling Bakal Kucurkan Rp 9 Triliun Investasi R&D di Indonesia?

0 209

JAKARTA,PenaMerdeka – Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Haris Munandari menyebut bahwa pemegang merek Wuling di dalam negeri, SGMW Motor Indonesia, kembali bakal mendapat dana sebesar Rp 9 triliun yang bersumber dari principal di China.

Dikabarkan kucuran dana itu akan dipergunakan modal untuk membangun Research and Development (R&D) atau pusat riset teknologi yang dimulai pada tahun 2019 mendatang.

Disebutkannya, bahwa langkah Wuling membuktikan bahwa pabrikan asal Cina ini serius mengembakan dunia otomotif di Indonesia setelah Isuzu dan Daihatsu sudah lenih dahulu mengembangkan R&D.

“Mereka harus menyesuaikan dengan pasar sehingga perlu juga investasi di R&D,” kata Haris dalam rilisnya, Minggu (30/12/2018).

“Investasi di industri otomotif itu beda, sehingga tidak gampang orang masuk di situ. Jadi, dia harus maintain itu, misalnya kebutuhan aftersales, ketersediaan suku cadang, itu semua yang dapat menjaga trust,” lanjutnya.

“Terkait hal tersebut, mohon maaf, kami tidak bisa memberikan informasinya (investasi di tahun depan). Yang jelas, pada tahun 2019 selain kehadiran SUV kami juga akan memperluas jaringan penjual dan purna jual,” kata Brand Manager Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani ketika dihubungi seperti dukutip detikOto di Jakarta, Sabtu (29/12/2018) malam.

Sebelumnya, Wuling telah menginvestasikan US$700 juta atau sekitar Rp 9,6 triliun untuk bangun fasilitas produksi di daerah Cikarang, Jawa Barat.

Wuling menjadi produsen otomotif asal China pertama yang berani bangun pabrik di Indonesia dengan jumlah investasi besar.

Pabrik itu resmi beroperasi pada Juli 2017 dan saat ini sudah memproduksi low Multi Purpose Vehicle (MPV), Confero.

Tidak berapa lama muncul MPV Cortez dan MPV Formo khusus fleet dan taksi online yang juga dibuat di pabrik tersebut. (ari/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...