kanal partai gerindra

Toyota Siap Jadi Pemasok Mesin Mobil Pedesaan

0

JAKARTA, PenaMerdeka – Dua Produsen mobil Asal Jepang yakni Daihatsu dan Toyota disebutkan akan turut dalam pembuatan mesin mobil pedesaan yang digagas pemerintah. Dalam keterangannya Warih Andang Tjahjono Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), menyambut baik rencana pemerintah itu.

“Kami akan dukung penuh, untuk membangun mobil pedesaan bersama dengan pemerintah,” tutur Warih menjelaskan.

Walau demikian Warih masih belum bisa menyebutkan, apakah akan menggunakan mesin baru yang khusus atau menggunakan mesin yang selama ini sudah ada untuk produk mesin mobil pedesaan itu.

Warih juga menambahkan “Mesinnya ini masih dipersiapkan dan masih belum kongkret. Tetapi kita ikut membantu pemerintah, kalau saatnya tiba pasti kita akan sampaikan tetapi untuk saat ini kita belum bisa share,” imbuhnya.

Untuk produksi mobil pedesaan, sebelumnya pemerintah telah mengatakan bahwa akan melibat sejumlah pihak. Lantaran sifatnya open source, oleh karena itu pemerintah hanya mempunyai desain sedangkan pihak lain dipersilahkan memproduksi.

Hal tersebut, disampaikan oleh Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), I Gusti Putu Suryawirawan, terkait rencana pemerintah untuk menggandeng Toyota dan Daihatsu.

“Kami sedang coba untuk kerja sama dengan Daihatsu dan Toyota, keduanya kan jual kendaraan terbanyak, terutama komponen kritikal seperti mesin dan transmisi,” kata Putu.

Dijelaskan oleh Putu bahwa pihaknya masih belum dapat memastikan komponen mesin mobil pedesaan dari dua produsen mobil asal Jepang tersebut akan lebih murah untuk program pemerintah ini.

Namun yang jelas, mobil pedesaan ini bukan didesain untuk kepentingan komersil, akan tetapi digunakan untuk membawa alat mesin pertanian. Seperti mesin perontok padi atau mesin penggiling. (penamas/dbs)

Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

libero. ut Curabitur Praesent efficitur. elementum mi, non