Pemkab Bogor Bakal Tertibkan Bangli di Kawasan Puncak

0 299

BOGOR,PenaMerdeka – Guna antisipasi banjir dan longsor, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bakal menertibkan bangunan liar (bangli) di kawasan Puncak, Bogor.

Ade Yasin, Bupati Bogor mengatakan, pihaknya kini tengah melakukan pembahasan langkah-langkas apa saja yang harus dilakukan, terlebih saat ini sudah memasuki musim penghujan yang tinggi.

Langkah itu diantaranya melakukan pembongkaran atau penertiban ribuan vila dan bangunan liar di kawasan hulu sungai Ciliwung, tepatnya di Puncak (Ciawi, Megamendung dan Cisarua), Kabupaten Bogor.

“Saat ini kita sudah mulai kembali membahas masalah itu, khususnya yang berkaitan ibu kota dan daerah penyangganya. Terkait banjir akan kami lakukan pembongkaran vila ilegal,” tutur Ade.

Kendati demikian, menurutnya, karena minimnya anggaran untuk melakukan penertiban, pihaknya berharap bakal kembali pada Pemprov DKI Jakarta agar mau memberikan bantuan dana hibah.

“Kami akan melakukan penertiban kembali karena itu salah satunya penyumbang banjir DKI Jakarta dan menantisipasi terjadinya longsor,” tegasnya.

Ia menjelaskan, kegiatan itu harus membutuhkan dana hibah dari DKI. Hal itu lantaran Satpol PP Kabupaten Bogor tahun ini hanya mempunyai anggaran Rp300 juta untuk pembongkaran.

“Tak cukup dan tidak mungkin dengan dana Rp300 jutabisa melakukan pembongkaran ribuan bangunan liar di kawasan Puncak. Kita ingin ada bantuan hibah dari DKI Jakarta untuk penertiban,” katanya.

Pihaknya juga mengaku sudah memerintahkan Satpol PP dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bogor untuk membuat proposal terkait bantuan hibah kepada Pemprov DKI Jakarta.

“Usulan bantuan hibah kaitannya bukan hanya untuk penertiban bangunan liar, tapi revitalisasi sungai-sungai yang ada di Kabupaten Bogor, khususnya yang berkaitan dengan banjir DKI Jakarta itu sendiri,” tandasnya. (ew)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...