Jerman Cabut Izin Oprasional Maskapai Mahan Air Diwilayahnya

0 265

JERMAN,PenaMerdeka – Usai ditekan oleh Amerika Serikat (AS), Jerman mencabut izin penerbangan maskapai Iran, Mahan Air untuk memasuki wilayahnya.

Reuters memberitakan, Jerman mencabut izin Mahan Air dari wilayahnya karena maskapai itu terlibat dalam pengangkutan peralatan dan personil militer ke Suriah dan zona perang Timur Tengah.

Sebelumnya, tahun 2011 AS telah menjatuhkan sanksi kepada Mahan Air. Oleh AS, maskapai Iran dituding memberikan dukungan keuangan dan dukungan lain untuk mengawal revolusi Islam Iran.

AS juga langsung mendesak negara-negara Eropa lainnya untuk menjatuhkan sanksi serupa kepada Mahan Air.

Salah satu sumber dari Reuters mengungkapkan, keputusan Jerman mencabut izin penerbangan Mahan Air ini sebagai tanda bahwa Jerman bakal memberi sanksi yang lebih luas kepada Iran.

Duta Besar AS di Berlin, Richard Grenell, yang sudah lama keberatan dengan penerbangan Mahan Air ke Jerman, menyambut baik larangan penerbangan itu.

“Mahan Air menerbangkan teroris, senjata, peralatan dan dana ke lokasi internasional mendukung kelompok proksi teroris Iran,” tegas Richard.

Sementar itu, Steffen Seibert, Juru bicara pemerintah Jerman membantah bahwa keputusan untuk melarang Mahan adalah hasil dari tekanan AS.

“Keputusan Jerman didasarkan kepada pertimbangan kebutuhan keamanan kami,” papar Steffen.

“Tak dapat disangkal maskapai ini dapat mengangkut kargo ke Jerman yang mengancam keamanan kami. Ini didasarkan pengetahuan tentang aktivitas teroris masa lalu di Eropa,” tambah Steffen. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...