Selama 24 Jam, Pemkot Bekasi Berhasil Uji Coba PLTSa di TPA Sumur Batu

0 303

BEKASI,PenaMerdeka – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi berhasil menguji coba pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu selama 24 jam. Hasilnya, sukses dan dapat menerangi area sekitar TPA Sumur Batu.

Pemkot Bekasi berharap hal ini menjadi solusi overload-nya lahan TPA Sumurbatu. Meski sudah diuji coba, namun tim masih mengkaji ulang data dan fakta-fakta yang ditemukan.

Jumhana Lutfi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi mengatakan, kini sudah terdapat sekitar 20 petugas yang berjaga dan memantau produksi listrik dari tumpukan sampah TPA Sumurbatu.

Namun, berdasarkan surat tugas yang diperoleh oleh lembaganya, hasil evaluasi harus diberikan lagi kepada kepala daerah pada Kamis 7 Februari 2019 besok.

“Nantinya semua keputusan dikembalikan kepada pucuk pimpinan yakni bapak Walikota Bekasi Rahmat Effendi,” terang Lutfi kepada wartawan, Rabu (6/2/2019).

Ia menjelaskan, proses uji coba mesin PLTSa ini dilakukan selama 24 jam dari Selasa 5 Februari 2019 kemarin pukul 07.00 WIB, sampai Rabu (6/2/2019) pukul 07.00 WIB pagi.

Pemerintah daerah juga menginginkan agar uji coba mesin dilakukan selama sebulan penuh. Tetapi, dengan kemampuan NW Abadi, pengoperasian mesin hanya dilakukan selama sehari.

Luthfi menambahkan, pemerintah daerah menginginkan pengoperasian secara maksimal bisa dilakukan tahun 2019. Sebab, tumpukan sampah juga sudah hampir melebihi kapasitas dengan ketinggian 20-30 meter dari permukaan tanah.

“Setiap hari volume sampah yang masuk ke TPA Sumur Batu mencapai hingga 900 ton. Saat ini, luas TPA secara keseluruhan mencapai 19 hektare yang terdiri dari zona 1, 2, 3, 4 dan zona 5A hingga 5D,” tutupnya.

Hingga kini kondisi di TPA itu hampir penuh, padahal pemerintah sudah melakukan pembebasan lahan 3,5 hektare pada 2017 kemarin. Untuk itu, dengan kehadiran pembangkit listrik tenaga sampah dapat menjadi solusinya. (ewwy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pilkada Tangsel 2019
Disarankan
Loading...