Wagub Andika Sosialisasi Bantuan Keuangan Desa di Lebak Banten

0 217

LEBAK,PenaMerdeka – Andika Hazrumy, Wakil Gubernur (Wagub) Banten melakukan sosialisasi bantuan keuangan kepada Pemerintah Desa dan Rapat Koordinasi Perkembangan Desa Tahun 2019 Se-Provinsi Banten, di Sekretariat Daerah Gedung Multatuli Kabupaten Lebak, Banten.

Wagub meminta kepada seluruh aparatur desa bisa mewujudkan perpustakaan desa di masing-masing desa pada 2019 ini sebagai upaya dalam mengentaskan masyarakat dari buta aksara melalui gerakan literasi.

Progres perencanaan pembangunan perpustakaan itu sudah direncanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten yang tertuang dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Tahun 2017-2022.

Poin program prioritas itu diantaranya menyebutkan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) untuk memajukan wilayah pedesaan yang ada di Provinsi Banten.

“Tahun ini saya minta semua desa punya perpustakaan. Apabila target pembangunan perpustakaan desa tercapai di tahun 2019 ini, maka kedepannya bantuan keuangan Pemerintah Desa dari Pemprov dari semula Rp50 juta bertambah menjadi Rp100 juta,” tegas Wagub, Senin (11/2/2019).

Andika mengharapkan, agar dana bantuan keuangan Pemerintah Desa dapat dimaksimalkan dan diprioritaskan untuk memperbaiki infrastruktur desa dan pengembangan penguatan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

“Marilah kita ubah secara bersama-sama agar desa-desa yang ada di Provinsi Banten menjadi desa yang berkembang, maju dan mandiri,” jelasnya.

Wagub menambahkan, ia berpesan kepada seluruh Kepala Desa agar dalam melaksanakan tugasnya senantiasa berpedoman pada aturan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada.

“Jangan takut atau ragu kalau SOP nya sudah dilaksanakan, agar Kepala Desa terhindar dari masalah hukum nantinya,” imbuhnya. (ersya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...