Pemkot Bekasi Bakal Beli 100 Ton Beras Untuk Stok Tahun 2019

0 197

BEKASI,PenaMerdeka – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi berencana bakal membeli 100 ton beras untuk stok beras pada tahun 2019. Nantinya, pembelian ini melalui Badan Urusan Logistik (Bulog).

Alexander Zulkarnaen, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bekasi mengatakan, pembelian beras dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belaja Daerah (APBD) 2019 sebesar Rp 1,1 miliar.

“Persediaan beras tahun ini dalam kondisi aman. Kita hanya untuk mengantisipasi ketika adanya kebutuhan yang harus disalurkan,” terang Alexander saat ditemui, Minggu (24/2/2019).

“Hal ini karena kita mau tidak mau menjamin ketersedian stok yang kita beli. Kita juga kan tidak bisa mengandalkan petani,” lanjutnya.

Alexander menjelaskan, 100 ton beras Bulog itu merupakan jumlah ideal menutupi kebuhan bahan makanan pokok 2,6 juta jiwa warga. Pada 2017, pihaknya membeli 13 ton dalam setahun.

Namun, pada tahun 2018 kemarin, pihaknya tidak membeli beras sama sekali. Hal itu karena kondisi keuangan daerah.

“Tahun lalu kita sama sekali tak beli persediaan beras, karena keuangan daerah. Makanya tahun ini kita siapkan anggaran untuk beli stok beras sehingga tahun ini pasokannya idela,” tuturnya.

Alexander menambahkan, stok beras yang dibeli nantinya juga bisa untuk disalurkan ke setiap Kepala Keluarga (KK) yang masuk dalam program keluarga harapan (PKH) pada tahun 2019.

“Nanti setiap KK peserta PKH menerima 10 kilogram beras. Beras itu juga untuk di salurkan ke warga miskin yang biasanya terdaftar sebagai peserta PKH dari pemerintah pusat,” imbuhnya. (ewwy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pilkada Tangsel 2019
Disarankan
Loading...