HUT RI 76

Operasional MRT Komersil, Gubernur Anies Minta Integritas Terus Digencarkan

JAKARTA,PenaMerdeka – Moda transportasi massal, Mass Rapid Transit (MRT) resmi beroperasi secara komersil pada hari ini. Integrasi masih menjadi evaluasi guna mengoptimalkan operasional MRT.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta meminta, untuk angkutan berbasis rel itu harus didukung oleh integrasi dengan berbagai moda transportasi umum massal.

Hal ini dilakukan guna memudahkan dan memberikan kenyamanan kepada seluruh warga dalam beraktivitas. Terutama saat berpindah ke jenis transportasi umum lainnya.

“Tadi saya lihat banyak sekali warga kita sudah mulai menggunakan. Target kita kan sebenarnya lebih banyak yang menggunakan MRT. Bukannya sederhana di angka 60.000 penumpang.”

“Namun, kita ingin lebih banyak warga Jakarta yang memanfaatkan kendaraan umum massal apalagi bila terintegrasi,” papar Anies usai menggunakan MRT menuju Kantor Balai Kota Jakarta, Senin (1/4/2019).

Anies juga menjelaskan, dalam hal integrasi MRT dengan bus Transjakarta baru terjadi di Stasiun Bundaran HI.

Dia berencana bakal kembali membangun integrasi di Stasiun ASEAN melalui skybridge yang menghubungi Halte Transjakarta koridor 13 (Ciledug-Tendean) guna memudahkan warga berpindah menaiki Transjakarta, atau sebaliknya saat beraktivitas.

Mantan Menteri Pendidikan itu pun menilai integrasi seperti tersebut merupakan kata kunci. Kedepannya, semua perencanaan transportasi harus dapat memenuhi persyaratan terintegrasi.

Termasuk integrasi tiket dan juga jadwal. Seperti contohnya, ketika pengguna transportasi membeli tiket diloket, informasi mengenai kedatangan moda transportasi lain telah tersedia begitu masuk sstasiun

Sebagai informasi, tahap awal resmi beroperasi secara komersial ini 8 rangkaian kereta Ratangga dari total 16 rangkaian. Selama satu bula, tarif komersial MRT Jakarta akan dipotong 50%.

Pengoperasionalannya pun secara komersial MRT mulai berlaku pukul 05.30 WIB. Kereta pertama Ratangga berangkat pukul 05.30 WIB dari Stasiun Lebak Bulus dan Blok M menuju ke Bundaran HI.

Sementara, kereta pertama Ratangga mulai dari Stasiun Bundaran HI menuju ke Lebak Bulus berangkat pukul 05.36 WIB. Kemudian, dilanjutkan setiap 10 menit sekali untuk menuju kereta berikutnya. (Deden)

Disarankan
Click To Comments