Gerindra Ads

Banyak yang Keliru, Ini Bocoran Masak Nasi Goreng dari Finalis Master Chef Indonesia

0 2.813

JAKARTA,PenaMerdeka – Bagi sebagian orang tentunya banyak yang belum tahu bagaimana trik-trik dalam membuat atau memasak nasi goreng (nasgor) yang mudah dan simple.

Syafril Ramadhan, salah satu finalis Master Chef Indonesia yang kini mencapai babak 17 besar memberikan berbagai tips dalam membuat nasi goreng yang enak.

Pria yang kerap disapa Chef Rama mengatakan, terdapat beberapa hal yang banyak membuat sebagian orang keliru untuk memasak makanan khas Indonesia yang satu ini.

Rama, sapaan akrabnya, yang menyebut dirinya President of Nasgor, mengatakan, ada beberapa hal yang keliru yang dilakukan orang dalam membuat nasi goreng.

“Kadang-kadang para ibu dalam memasak nasi goreng banyak yang keliru,” ucap President of Nasgor kepada penaMerdeka.com saat berbincang, Selasa (2/4/2019).

Dari hal yang dinilai sepele seperti menumis bawang, Chef Rama menjelaskan, justru malah membuat rasa nasi goreng menjadi kurang lezat untuk disantap.

“Jadi biasanya ibu-ibu menumis bawang itu, dianggap matang jika sudah harum, itu sebenarnya salah. Yang benar adalah mentumis sampai wanginya hilang dan berwarna coklat muda,” tegasnya.

Kata Chef Rama, jika menumis hanya berpatokan sampai wangi, justru baka membuat rasa nasgor menjadj tidak enak dan membuat makanan menjadi rasa bawang mentah saja.

Tidak hanya itu, trik yang kedua adalah kalau membuat nasi goreng itu bukan nasi yang diaduk, melainkan nasi yang benar-benar digoreng.

“Banyak para ibu yang memahami kalau nasgor itu nasi yang diaduk, yang benar nasi yang digoreng dengan rada ditekan. Digoreng sampai nasi merekah, panas dan bumbu halusnya benar-benar meresap,” tutunya.

Rama yang juga memiliki Restaurant dengan menu andalan nasi goreng tersebut, menyatakan, bahwa nasi goreng yang lezat itu tidak selalu harus memakai telur.

“Nasgor tidak selalu pakai telur. Nasgor itu banyak variasinya, bisa pakai bumbu khas nusantara, seperti nasi goreng Betawi pakai daun mengkudu, nasgor Sunda pakai daun kemangi dan sambal ijo, dan lainnya,” cakapnya.

Chef Rama menambahkan, yang terakhir dalam membuat nasi goreng itu identik dengan pemakaian kecap manis. Namun hal itu juga dianggap keliru.

“Nasgor tidak selalu harus memakai kecap manis. Akan tetapi, bisa juga diganti dengan alternatif lain, yaitu seperti air gula. Air gula dapat membuat masakan menjadi lebih gurih dan lezat,” imbuhnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...