Ads Helmi Halim

Jangan Cuma Fokus Pemindahan Ibu Kota, ICW Minta Jokowi Bentuk Pansel KPK

0 173

JAKARTA,PenaMerdeka – Indonesia Coruption Watch (ICW) meminta pemerintah Indonesia membentuk panitia seleksi (Pansel) KPK. Pasalnya kepemimpinan Agus Rahardjo cs di KPK akan berakhir tahun ini.

Menurut peneliti Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekarang lebih konsen kepada Pemilu, pemindahan ibu kota.

“Jadi kita juga ingin mendorong supaya presiden tidak hanya berfokus pada sektor elektoral, pada pemindahan ibu kota, atau penghitungan real count. Akan tetapi lebih jauh pembentukan pansel,” imbuh Kurnia di kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (12/5/2019).

Periode lalu tahun 2015 Presiden Jokowi sudah lebih cepat membentuk Tim Pansel KPK. Tetapi situasi pada bulan Mei tahun ini memang berbeda dengan tahun lalu.

“Kalau kita mengacu 4 tahun lalu pada tahun 2015, Presiden Jokowi mengumumkan 9 srikandi pansel itu di minggunya 3 bulan Mei. Tapi kita pesimistis bulan Mei ini akan jadi bulan pembentukan pansel karena masih disibukkan pemilu,” tukas Kurnia.

Maka itu salah satu cara adalah dengan membentuk ulang pansel pimpinan KPK sebelumnya, meskipun kata dia bakal ada sandungan di DPR.

“Kalau seandainya DPR baru sudah dilantik maka itu akan membutuhkan waktu 2 sampai 3 bulan ke depan karena biasanya anggota DPR yang baru disibukkan dengan pemilihan Ketua DPR,” ucap Kurnia. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...