Mundur Perseorangan, Dimyati Nyalon dari Parpol?, KPU : Jangan Berandai-andai

0 30

Perhelatan Pilkada Banten dipastikan tidak mengikutsertakan bakal pasangan calon A. Dimyati Natakusuma dan Yamelia yang sebelumnya santer dikabarkan mencalonkan dari jalur perseorangan. KPU Banten menyatakan soal pencalonan Dimyati Natakusuma bergeser melalui Parpol pihaknya akan melakukan konsultasi dengan KPU-RI, tidak bisa berandai-andai.

Ketua Pokja Pencalonan KPU Provinsi Banten Syaeful Bahri membenarkan adanya surat pengunduran diri pasangan Dimyati Natakusumah dan Yemelia. Surat tersebut menurut Syaeful diantarkan langsung oleh Leader Official (LO) bakal calon Dimyati Natakusumah-Yemelia.

“Kita ini sebagai pelayan dan pihak kami tidak bisa melarang setiap warga Negara untuk mengundurkan diri sebelum adanya penetapan. Nah dalam peraturan KPU jika sudah ditetapkan tiba-tiba mengundurkan diri akan kena denda, kalau tidak salah sekitar Rp. 10 miliar. Dan mereka belum calon kan, daftar juga belom,” kata Ketua Pokja Pencalonan Syaeful Bahri kepada Pena Merdeka melalui sambungan telpon, Selasa (13/9).

Syaeful menambahkan dengan permintaan tertulis dalam surat tersebut maka pasangan tersebut menyatakan mengundurkan diri dari pencalonan. Dan besok menurut Syaeful baru akan diplenokan hasil berita acara hasil verifikasi faktual. Dari berita acara itu bisa kita lihat apakah pencalonan independen bisa dilanjutkan atau tidak.

“Besok akan kita bacakan dipleno. Iya kalau mengudurkan diri berarti pasangan yang bersangkutan tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya,” imbuhnya.
Terkait dengan langkah-langkah selanjutnya menurut Syaeful akan dikonsultasikan dengan KPU-RI. Termasuk dengan perkembangan selanjutnya bahkan pelaporan fakta politik juga akan kita sampaikan.

“KPU-RI sendiri dengan Komisi II DPR-RI masih melakukan Rapat Dengar Pendapat merevisi Per-KPU tentang pencalonan, kita tidak bisa berandai-andai,” ungkap Syaeful ketika ditanya soal bakal pasangan calon yang sudah mengundurkan diri akan mencalonkan dari jalur partai. (wahyudi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...