Ads Helmi Halim

Ketimbang 2018, Arus Mudik Lebaran 2019 di Tol Tangerang-Merak Diprediksi Meningkat

0 180

BANTEN,PenaMerdeka – Diprediksi akan ada peningkatan volume kendaraan saat arus mudik lebaran dalam ruas jalan tol Tangerang-Merak.

Ketimbang tahun lalu, peningkatan arus mudik ataupun balik tahun 2019 diperkirakan berjumlah 15,69% atau akan ada 2 juta kendaraan yang melintas di tol Tangerang-Merak.

Menurut Krist Ade Sudoyono, Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti mengatakan akan ada 173.900 kendaraan saat puncak arus mudik, yang diprediksi pada di H-5 Lebaran.

Jadi kata dia, jumlah ini naik 19,3% dibandingkan puncak arus mudik pada 2018.

“Total arus kendaraan adalah 2 juta lebih kendaraan dengan puncak H-5 dan H-3 Lebaran serta arus wisata sampai H+3,” kata Krist dalam keterangan kepada wartawan di Swiss Bellhotel, Cikande, Serang, Banten (15/5/2019).

Sedangkan arus balik, menurutnya, akan mengalami puncak pada H+2 Lebaran atau pada tanggal 9 Juni 2019.

Untuk antisipasi kepadatan lalu lintas, pihak pengelola tol, katanya, akan memasang 15 gardu unit entrance dan 11 unit gardu exit, dan 3 unit gardu ramp. Jadi total ada 29 gardu transaksi otomatis (GTO).

Selain penambahan GTO, akan ada penambahan 2 lajur transaksi exit pada Gerbang Tol Serang Timur dan Merak. Ini akan dioperasikan pada H-10 Lebaran.

Begitupun jika ada antrean di Gerbang Tol Cilegon Timur, kendaraan dialihkan ke Gerbang Tol Cilegon Barat. Dan jika antrean kendaraan sampai Gerbang Tol Serang Timur, nantinya kendaraan dialihkan ke Gerbang Tol Serang Barat.

Manajemen lalu lintas dibuat jika terjadi penumpukan. Jika terjadi antrean di Merak dan ada penumpukan kendaraan di Jalan Cikuasa, penumpang diminta beristirahat di Km 43 dan Km 68. Selain itu, kendaraan dialihkan ke Cilegon Barat.(ersya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...