HGN ads Bekasi

Catatan Semrawut Sampah di Komplek Wisata Banten Lama

0 265

BANTEN,PenaMerdeka – Hingga hari terakhir libur Idul Fitri 1440 hijriah, Minggu (9/6/2019), ketika menyambangi komplek wisata Banten Lama, soal sampah yang berserakan menjadi pemandangan tak sedap bagi pengunjung.

Pantauan di komplek Masjid Agung Banten Lama, pengelola sebenarnya sudah memberikan fasilitas tempat sampah.

Sayang, sebagian besar pengunjung juga cuek. Tetap saja membuang sampah secara sembarangan. Padahal lewat pengeras suara berkali-kali himbauan supaya di area wisata Banten Lama ini pengunjung dianjurkan untuk membuang sampah di tempat yang sudah disediakan.

Selain himbauan melalui pengeras suara, ada juga petugas yang berkeliling menyapa kepada wisatawan supaya tidak membuang plastik makanan dan lainnya di taman serta area masjid.

Pemandangan tak sedap soal sampah di kawasan Banten Lama terlihat juga di dekat terminal. Berbagai jenis sampah yang sudah mengering juga berserakan tanpa ada petugas sampah yang membersihkan.

Adanya fasilitas tempat sampah dan himbauan tak membuat masyarakat sadar pentingnya kebersihan. Apalagi di lokasi tidak ada petugas sampah dari dinas terkait.

Sejumlah wisatawan yang sengaja datang dari luar daerah merasa tidak nyaman.

“Saya datang dari Bogor, revitalisasi dan kenyamanan sudah lumayan karena tempat duduk (kursi taman,red) dan atap di komplek masjid sudah dibangun. Pavingblok sudah dipasang meski ada sejumlah titik pemasangan masih ada yang bergelombang. Sampahnya yang gak tahan mas, berserakan,” ucap Usep pengunjung yang dimintai komentarnya di lokasi.

Dikabarkan sebelumnya, proses revitalisasi Banten Lama masih masih berjalan, disebutkan dana proyek pembangunannya diambil dari APBD Pemprov Banten senilai Rp 220 miliar.

Revitalisasi yang sedang berjalan lahan inti saat ini baru dimanfaatkan sekitar 172 hektar dari 900 hektar lahan yang ada di Banten Lama. Dan pengerjaan area inti ditargetkan akan rampung pada 2020. (redaksi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE