Kwarda Banten Gelar Perkemahan Wirakarya 2019 di Tanjung Lesung

PANDEGLANG,PenaMerdeka – Bumi perkemahan Cikujang, Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang dalam agenda Perkemahan Wirakarya Daerah ke-III tahun 2019 ditunjuk sebagai pelaksanaan kegiatan.

Ratusan anggota Pramuka Penegak dari 8 kabupaten dan kota se-provinsi Banten akan mengikuti kegiatan yang mulai dilaksanakan dari tanggal 18 hingga 23 Juni 2019.

Disebutkan, kegiatan rutin ini sengaja dilakukan untuk mewujudkan bakti pramuka ke masyarakat secara langsung.

Nantinya, anggota akan berguna dalam bentuk bakti secara fisik, maupun berupa penyuluhan ke masyarakat. Tahun ini PWD mengambil tema “Berkarya dan berbakti menuju pramuka menginspirasi”.

Menurut Ketua Kwarda Banten, Mohammad Masduki, perkemahan selama 6 hari kedepan merupakan wujud langsung anggota Gerakan Pramuka dalam mengamalkan darma bakti di tengah tengah masyarakat.

“Pramuka harus hadir ditengah tengah masyarakat, dan keberadaannya bisa dirasakan manfaatnya,” ucap Masduki.

Lebih lanjut ketua pelaksana PWD III, Asep Syaikhuddin menjelaskan, selama berkemah para anggota pramuka akan membuatkan saluran air bersih untuk masyarakat sekitar.

“Kita akan membuat pipanisasi saluran air bersih dari mata air diatas bukit hingga ke rumah rumah warga. Ya panjangnya sekitar 600 meteran,” ucap Asep.

Selain itu, anggota pramuka dan didampingi tim penyuluh juga akan mensosialisasikan bahaya narkoba, pemberian pupuk untuk petani, serta pembuatan bak bak sampah untuk warga.

Selain Ketua Kwarda, pembukaan kegiatan PWD III dihadiri oleh para ketua Kwarcab dari 8 kabupaten dan kota, unsur TNI, Kepolisian, serta Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten. (ersya)

Disarankan
Click To Comments