Penerapan Teknologi ke Nelayan Banten, BPPT: Berkelanjutan Jangan Cuma Seremoni

0 177

BANTEN,PenaMerdeka – Pemberdayaan nelayan Banten menggunakan terapan Teknologi Hydro Colour dan Fish GIS menurut Badan pengkajian dan penerapan Teknologi (BPPT) jangan hanya sekedar bunyi alias bersifat seremonial saja.

Artinya, harus ada tindak lanjut. Kata Deputi kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi Soni Sulistia Wirawan dalam workshop yang digelar dengan target memajukan nelayan di Banten juga nantinya harus dibarengi pengawasan berkelanjutan.

“Ini kan ada yang dari Bekasi, Indramayu, Depok juga ada jadi sayang sekali kalo acara ini cuma seremonial, harus ada controlling berkesinambungan,” kata Soni saat workshop, Selasa (9/7/2019).

Sementara perwakilan organisasi PICES dari Jepang, Prof Mitsutaku Makino sangat mengapresiasi atas Pemprov Banten sehingga nantinya proses kaji terap kepada nelayan dapat terlaksana dengan baik.

“Kami sampaikan terima kasih banyak atas partisipasi hadirin serta terimakasih atas jamuannya, untuk 2 hari kedepan mari kita gali keilmuan dan teknologi dari workshop ini,” kata Mitsutaku

Dari kelompok nelayan KAKAP Karangantu, Kadma mengatakan dirinya memang selama ini kebanyakan melakukan aktivitas nelayan menggunakan tenaga manual, ia berharap hasil dari workshop itu bisa mempermudah profesinya.

“Saya belum tahu bentuk teknologinya seperti apa, yang jelas saya harap bisa memudahkan kerjaan saya karena kan selama ini kita kebanyakan pakai alami aja gitu,” tutur Kadma

Acara workshop yang digelar 2 hari tersebut mulai dari 9 sampai 10 juli akan dengan hari pertama membahas teori kemudian hari kedua akan langsung praktik di Kawasan Karangantu bersama para ahli.

Hydro Colour dan Fish GIS adalah teknologi yang akan didorong oleh Pemprov Banten supaya hasil laut nelayan bisa maksimal, tanpa merusak biota laut.

Teknologi pada pemantauan air laut dan kondisi strategis ikan sehingga mempermudah nelayan memperoleh tangkapan ikan. (rd)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pilkada Tangsel 2019
Disarankan
Loading...