Pemprov DKI Larang Panitia Kurban Gunakan Kantung Plastik saat Bagikan Daging

0 183

JAKARTA,PenaMerdeka – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui Dinas Lingkungan Hidup melarang kepada panitia kurban Idul Adha untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai dalam memberikan daging hasil potongan.

Andono Warih, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengatakan, apalagi menggunakan kantong plastik kresek hitam saat membagikan daging kurban. Panitia juga diminta menyiapkan wadah ramah lingkungan.

“Kami imbau panitia kurban menggunakan wadah seperti daun pisang, daun talas, besek bambu, besek daun kelapa, besek daun pandan atau bahan ramah lingkungan yang mudah dijumpai di Jakarta,” terang Andono.

Andono menjelaskan, kantong plastik merupakan jenis sampah yang membutuhkan waktu ratusan tahun agar terurai secara alamiah. Apalagi kantong plastik kresek hitam yhasil dari proses daur ulang plastik bekas pakai yang mengandung zat karsinogen dan berbahaya bagi kesehatan.

Andono berharap, ketika Idul Adha yang jatuh pada bulan Agustus tahun ini menjadi bagian dari kampanye ramah lingkungan untuk menekan penggunaan kantong plastik di masyarakat.

“Idul Adha masih beberapa minggu lagi, dan masih ada waktu yang cukup bagi panitia untuk mempersiapkan dengan baik. Agar lebih thayib ibadah kurbannya nanti,” harap Andono. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...