Pemprov DKI Bakal Fokus Kurangi Sampah Masuk ke TPST Bantar Gebang

JAKARTA,PenaMerdeka – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya tak membuang sampah di TPST Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Pengurangan sampah menjadi fokus utama meminimalisir sampah ke TPST Bantar Gebang.

Asep Kuswanto, Kepala Unit Tempat Pengelola Sampah Terpadu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengatakan, terdapat tiga antipasi masalah sampah yang tertuang dalam kegiatan strategis daerah (KSD).

Yakni, yang pertama adalah pengurangan sampah di sumber, optimalisasi TPST Bantar Gebang, dan yang ketiga adalah pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF).

“Ketiganya ini untuk mengantisipasi penuhnya TPST Bantar Gebang. Dengan adanya tiga antisipasi tersebut, Jakarta tak bergantung kepada TPST Bantar Gebang,” terang Asep.

Asep memaparkan, saat ini pihaknya tengah menyosialisasikan secara masif pengurangan sampah dari sumber, baik dari rumah tangga, kantor ataupun orang per orang. Paling tidak, lmasyarakat mampu mengurangi penggunaan kantong plastik dan memilah milih sampah agar didaur ulang.

Kemudian, kata Asep antisipasi yang kedua yaitu mengoptimalkan TPST Bantar Gebang agar usianya dapat diperpanjang, minimal sampai ITF di Jakarta terbentuk.

“Nah yang ketiga ini kita sedang membangun ITF. ITF akan dibangun di Jakarta tidak hanya satu, tapi ada empat. Jadi, tiga KSD Gubernur tujuannya mengurangi masuknya sampah ke TPST Bantar Gebang. Itu juga dari pengurangan sampah,” tegasnya.

Diketahui, saat ini Pemprov DKI mengalokasikan anggaran pengadaan lahan untuk tiga ITF sebesar Rp750 miliar dalam APBD DKI 2019.

Dinas Lingkungan Hidup rencananya juga akan membeli lahan untuk tiga ITF itu di Cakung Cilincing, Jakarta Utara; Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat; dan di wilayah Jakarta Selatan.

“Tahun ini kita tengah bangun ITF Sunter. Berharap di tahun 2022 itu bisa operasi. Pesan Pak Gubernur ke kami juga kalau bisa ITF kedua sampai empat tersebut bisa beroperasi di 2022,” tandasnya. (deden)

Disarankan
Click To Comments