HUT RI 76

15 Kelurahan di Kota Bekasi Zona Hijau Covid-19

Belum Ditemukan Kasus Positif Covid-19

BEKASI,PenaMerdeka – Kota Bekasi secara keseluruhan termasuk wilayah zona merah penyebaran virus corona (Covid-19). Hal ini dilihat dari sebaran kasus positif yang merata di 12 kecamatan.

Akan tetapi jika telusuri lebih rinci, masih terdapat beberapa wilayah kelurahan di Kota Bekasi yang belum ditemukan kasus positif Covid-19.

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi bahkan menyebutkan, dari 56 kelurahan di Kota Bekasi masih ada sekitar 15 kelurahan yang masuk ke dalam zona hijau.

“Bisa kita petakan, kita masih beruntung ada 15 kelurahan yang msih zona hijau, 41 kelurahan sudah zona merah,” kata Rahmat di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Rabu, (29/4/2020).

Dia berharap, pelaksaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang masuk tahap kedua dapat menekan penyebaran Covid-19.

PSBB tahap satu di Kota Bekasi berlaku sejak 15 April 2020 sampai 28 April 2020. Kini, pelaksanaan PSBB di wilayah setempat memasuki tahap dua dimulai, 29 April 2020 sampai berkahir 12 Mei 2020 mendatang.

“Jangan sampai 15 itu ikut merah, minimal yang 15 itu bisa kita proteksi, lalu yang sudah masuk zona merah bisa kita kurangi menjadi hijau,” jelasnya.

“Kan itu esensi (pelaksaan PSBB) sebenarnya, sehingga kurvanya (grafik penyebaran (Covid-19) itu turun bukan naik,” tambahnya.

Meski begitu, dia tidak menapik dari beberapa kelurahan yang statusnya masuk ke dalam zona hijau terdapt warga kategori orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

“Kan pada saat dikasih predikat zona merah terdapat kasus postif (Covid-19), kalau zona hijau meski dia ada PDP sih enggak apa-apa, tapi biasanyakan PDP juga awal cikal bakal naik kelas jadi positif, kalau sudah gitu dia (kelurahan) bukan lagi bisa disebut zona hijau,” paparnya.

Adapun dari data yang dihimpun TribunJakarta.com melalui situs resmi Pemerintah Kota Bekasi, jumlah kelurahan yang belum ditemukan kasus positif Covid-19 per 29 April 2020 sebanyak 10 kelurahan.

10 kelurahan itu diantaranya, Bantar Gebang, Ciketing Udik, Harapan Jaya, Jatikarya, Jatirangga, Jatiranggon, Cimuning, Kranggan, Jatimurni, dan Margajaya.

Sementara itu, sampai dengan hari ini kasus positif Covid-19 di Kota Bekasi sebanyak 234 orang. 92 diantaranya dinyatakan sembuh, 117 diantaranya masih mejalani perawatan dan 25 orang meninggal dunia.

Sedangkan untuk data ODP di Kota Bekasi per hari ini mencapai 1968 orang, 1139 orang sedang dalam pemantaun dan sisanya 777 oranh telah selesai masa pemantauannya.

Kemudian untuk data PDP di Kota Bekasi, per hari ini tercatat 715 pasien, 305 diantaranya dinyatakan sehat, 342 pasien masih dalam masa perawatan dan 48 sisanya dinyatakan 68 meninggal dunia. (ewwy)

Disarankan
Click To Comments