DLH Klaim Kualitas Udara di Kota Tangerang Relatif Aman

0 125

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang mengklaim kualitas udara di Kota Tangerang masih terbilang relatif aman untuk hari ini, Rabu (4/9/2019) hingga kedepannya.

Diketahui sebelumnya, situs penyedia data polusi udara www.airvisual.com, mencatat kualitas udara di Banten, Kota Depok dan Kota Bekasi lebih buruk dari Jakarta.

Oleh sebab itu, Kepala DLH Kota Tangerang, Dedi Suhada menjelaskan, kualitas udara di Kota Tangerang aman dengan angka 50 sampai 100 berdasarkan data dari Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU).

“Hasil kondisinya masih sedang untuk kualitas udara di Kota Tangerang ini,” terang Dedi saat ditemui penamerdeka.com dikantornya.

Ia menjelaskan, pihaknya mempunyai alat AQMS (Air Quality Monitoring System) yang stasiunnya berada di Jalan Jenderal Sudirman dan Kelurahan Sudimara Barat, Ciledug, Kota Tangerang.

Namun, pihaknya juga mempunyai pengambilan data secara manual yang berada di 37 titik yang tersebar di seluruh wilayah Kota Tangerang.

“Untuk di tahun 2019 ini masih memenuhi baku mutu di Kota Tangerang. Jadi di Kota Tangerang lebih aman dari wilayah seperti Kalimantan dan yang lainnya.

Kata Dedi, untuk penyumbang polusi udara terbanyak di Kota Tangerang yaitu dari transportasi umum. Namun, kalo dari pelaku industri tidak terlalu dominan menyumbang polusi udara.

“Kalau debu juga masih memenuhi baku mutu. Ya karena memang ini musim kemarau, debu ini rada meningkat ketimbang di musim hujan. Kalau ada hujan kan debu ke pendam,” tutur Dedi.

Dedi menambahkan, dalam mengurangi tingkat kualitas udara yang buruk, pihaknya terus gencar melakukan sosialisasi tentang tata cara penggunaan kendaraan, uji emisi dan sosialisasi lainnya.

“Dalam hal ini juga, dibutuhkan peran serta dari masyarakat khususnya Kota Tangerang sendiri ini. Mari kita menjaga lingkungan kita agar lebih bersih dan asri lagi,” imbuh Dedi. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...