Kemenkomaritim Buka Spice Route Culture Indonesia 2019 di Kota Tangerang

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Kementerian Koordinator (Kemenko) Kemaritiman RI resmi membuka event Spice Route Culture Indonesia 2019 di halaman Transmart Carefour, Cikokol, Kota Tangerang, Selasa (29/10/2019).

Even Kebudayaan Maritim yang bertemakan Sejarah Perniagaan dan Potensi Rempah Indonesia di Kota Tangerang bakal berlangsung selama 29 hingga 31 Oktober 2019 mendatang.

Dalam pembukaan acara tersebut, ditandai dengan pelepasan balon udara. Kemudian dimeriahkan kembali dengan penampilan para model dari Genpi Kota Tangerang, yang mengenakan batik nusantara.

Kabid Penguatan Karakter Bangsa Bahari Kementerian Koordinator Kemaritiman, Ardiansyah mengatakan, even ini digelar dalam rangka mengingatkan sejarah peradaban kemaritiman versi Indonesia.

“Dulu, orang nusantara sangat berjasa terhadap perniagaan rempah, hanya saja ada orang Eropa datang menjajah,” terang Ardiansyah usai membuka acara kepada wartawan.

Ia menjelaskan, perniagaan pertama kali terjadi di nusantara lewat jalur perairan Padang, ke Bulukumba, hingga bergerak ke Tangerang. “Perdagangan rempah sangat bersejarah, pelabuhan kita jadi bandar rempah. Itu konsep umumnya,” ucapnya.

Dalam even ini, sebanyak 31 stand usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) asal Kota Tangerang dan Jakarta turut memamerkan produk unggulannya, untuk mengembangkan industri Indonesia.

Selain bazar, Ardiansyah menambahkan, event ini akan diramaikan dengan sejumlah seminar tentang rempah dan kemaritiman untuk menyemarakkan budaya maritim Indonesia.

“Yang paling penting generasi sekarang tahu bahwa di masa lalu kita tidak kalah dengan bangsa lain,” tukasnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Tuliskan pesan anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE