Polres Tangsel Ringkus Bandar Sabu Merangkap Pembuat Senpi Rakitan

0 258

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Polres Tangerang Selatan meringkus bandar sabu yang juga merangkap sebagai pembuat Senjata Api (Senpi) rakitan.

Tersangka Cahyo M Rafli alias Yongki (26) berhasil diamankan di rumahnya di Jalan Jeruk No. 22 RT 003/006 Kelurahan Petukangan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis 31 Oktober 2019 lalu.

AKBP Ferdy Irawan, Kapolres Tangsel mengatakan, penangkapan tersangka Cahyo berawal dari pengembangan informasi yang dilakukan Polsek Ciputat atas dugaan kepemilikan narkotika jenis sabu dan ganja.

Kemudian, setelah melakukan penggeledahan, polisi menemukan tiga paket sabu dan satu paket daun ganja.

“Di dalam lemari tersangka ditemukan tiga paket sabu dalam plastik klip seberat 10,10 gram, dan di selipan sofa ditemukan juga satu paket daun ganja dalam bungkus kertas warna cokelat seberat 2,53 gram,” kata Ferdy saat gelar perkara di Mapolres Tangsel, Senin (4/11/2019).

Dari hasil penggeledahan, Ferdy mengungkapkan, dirumah tersangka juga ditemukan beberapa pucuk Senpi rakitan dan peluru tajam beserta alat perakitya.

“Saat penggeledahan ditemukan juga 3 unit win gun 733 yang sudah dirubah menjadi senjata api kaliber 22 LR,1 Unit RCF M 1911 model FN, 2 unit win gun non aktif
18 butir peluru kaliber 22 LR
Dan 3 butir peluru Cal 38,”ungkapnya.

Ferdy menjelaskan, tersangka Cahyo mulai menekuni kegiatan merakit senjata sejak satu tahun terakhir yang dipelajarinya secara otodidak melalui internet, dengan bahan baku softgun bekas yang dibelinya seharga Rp. 500 ribu.

“Dari keterangan tersangka senpi rakitannya sudah terjual satu unit seharga Rp. 5 juta enam bulan lalu,” tuturnya.

Dari perbuatannya, Ferdy menegaskan, tersangka dijerat Undang-Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun, dan Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE