HGN ads Bekasi

Begini Tips Merawat Kendaraan Motor Dimusim Penghujan

0 214

JAKARTA,PenaMerdeka – Kondisi kendaraan motor ketika dikendarai saat musim hujan menjadi lebih cepat kotor. Sebab, terkena genangan maupun cipratan air yang sudah bercampur dengan kotoran dijalan.

Alhasil, pengendara juga harus melakukan perawatan ekstra agar motor tetap nyaman dalam dalam kondisi prima untuk dikendarai.

Ridwan Arifin, Aftersales Service & Technical Support dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, mengatakan, pengendara motor harus rajin membersihkan kendaraannya ketika terkena air hujan.

“Langkah pertama, bersihkan motor setelah terkena air hujan dan genangan air. Tujuannya agar terhindar dari munculnya karat,” kata Ridwan seperti dilansir GridOto, Senin (2/12/2019).

Ridwan berujar, air hujan memiliki zat asam yang membuat bodi motor menjadi lebih cepat kusam. Untuk itu, apabila malas untuk mencucinya, pengendara bisa membilasnya dengan air bersih.

Kemudian, saat musim penghujan pengendara juga harus sering meriksa part motor seperti lampu, ban dan rem.

“Pastikan motor dalam kondisi baik. Contohnya lampu, ban, dan rem berfungsi normal dan masih layak pakai, itu bertujuan agar motor tetap aman dikendarai saat menembus derasnya hujan,” ujarnya.

Khusus motor berpenggerak rantai, Ridwan mengungkapkan, harus lebih rajin dibersihkan dan dilumasi dengan cairan pelumas rantai dan girnya.

“Kalau dibiarkan,  rantai beresiko muncul karat dan cepat aus karena campuran air hujan dan kotoran yang menumpuk.”

Selain itu juga hindari jalanan dengan genangan air yang tinggi. Karena kalau air sampai masuk ke ruang bakar bisa berdampak serius,” pungkasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE