Dishub Kota Tangerang Cek Kesiapan Angkutan Libur Natal dan Tahun Baru

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Senin (23/12/2019).

Dalam sidak itu, Dishub menemukan satu bus pengangkut penumpang periode libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang tidak layak jalan.

Bus tersebut tidak diperbolehkan beroperasi atau grounded di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang selama periode libur akhir tahun 2019.

“Hanya satu unit bus ketahuan tidak layak jalan. Tinggal kita tidak fungsikan untuk tidak berjalan. Ramp check sudah kita terus jalankan bersama Dishub Kota Tangerang sejak tanggal 19 Desember,” ujar Kepala Dishub Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar.

Wahyudi mengatakan, akan menindak tegas operator bus yang tidak memperhatikan kelaikan angkutannya selama periode libur Natal 2019 dan tahun baru 2020.

“Kepada masyarakat, gunakan transportasi yang resmi di terminal karena kelayakannya mudah-mudahan teruji,” imbaunya.

Wahyudi mengatakan terdapat 114 unit bus yang berada di Terminal Poris Plawad selama periode angkutan Natal 2019.

Pihaknya secara rutin melakukan pengecekan bus yang datang ke Terminal Poris Plawad atau pun yang akan bertolak mengangkut penumpang.

“Seluruh kelayakan kendaraan mulai hal kecil dari lampu, sen, headlamp, kemudian rem, termasuk sistem mesin kita tes. jadi kalau kendaraan itu memang tidak layak jalan secara teknis kami akan grounded untuk tidak bisa berjalan,” tegas Wahyudi.

Tentunya, Dishub Kota Tangerang menggandeng instansi lain untuk pengamanan angkutan libur akhir tahun.

Seperti BNN Kota Tangerang untuk pengecekan urine sopir bus untuk menjaring sopir bus yang menggunakan obat-obatan terlarang.

“Tentunya juga instansi lain untuk pemeriksaan unit dan sopir bus. Siang nanti rencananya ada uji kesehatan oleh pihak Jasaraharja,” imbuh Wahyudi. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments