DPU Tangsel Benahi Tanggul Jebol Akibat Terjangan Banjir

0

KOTA TANGSEL, PenaMerdeka – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membenahi tanggul jebol akibat diterjang banjir pada pekan lalu. 

Sebanyak sembilan tanggul sungai rusak karena tak kuat menahan derasnya air sungai saat banjir melanda Kota berjuluk cerdas modern dan religius pada awal tahun 2020.

“Tanggul atau turap sungai yang jebol ada 9 titik. Terdiri dari 4 titik wewenang pusat, yakni tanggul villa mutiara, villa pamulang, graha mas, dan permata pamulang. Sedangkan yang 5 titik kewenangan Pemkot Tangsel, yaitu tanggul kampung bulak, maharta, nerada, pondok pucung, puri bintaro indah,” kata Aries Kurniawan, Kepala DPU Tangsel, Kamis (9/1/2020).

Aries menuturkan, langkah pertama yang dilakukan DPU terhadap tanggul yang jebol adalah membersihkan puing dan melaksanakan pekerjaan struktur.

Sementara, untuk perbaikannya, akan menggunakan anggaran murni 2020, dengan cara melakukan pergeseran anggaran pemeliharan untuk tanggap darurat pasca banjir.

Sedangkan, Aries melanjutkan, untuk ke empat tanggul lainnya, pihaknya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Pemerintah pusat.

“Yang bukan wewenang Pemkot, kita akan koordinasikan dahulu,” tuturnya.

Menyikapi fase tanggap darurat ini, Aries mengungkapkan, pihaknya memasang kantong pasir, cerucuk bambu dan bronjong pada tanggul yang jebol.

Selain itu, kata dia, DPU Tangsel juga berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) terkait sungai besar yang berada di Tangsel, yakni kali angke, cisadane dan pesanggrahan yang merupakan kewenangan pusat.

“Untuk anggaran yang dibutuhkan sedang dihitung, dan ini akan diprioritaskan pada tanggul dan turap sungai yang jebol,” tandasnya. (ari tagor)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...